MARITIM

PANGLIMA KOLINLAMIL DAMPINGI KASAL, TATAP MUKA DENGAN SAKA BAHARI NASIONAL

Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. ikut mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Pramuka Saka Bahari Tingkat Nasional pada acara Tatap Muka Kasal dengan para pengurus dan anggota Pramuka Saka Bahari di Gedung Imam Taufiq, Pondok Dayung, Koarmada I, Jakarta Utara, Sabtu (16/5/2020).

Saka bahari merupakan wahana membangun wawasan Maritime, pramuka merupakan wadah pendidikan (ekstra kurikuler) untuk membangun karakter bangsa berwawasan Maritime. Saka bahari membekali anggotanya dengan nilai-nilai luhur bangsa untuk mendukung Indonesia sebagai poros maritime dunia, anggota pramuka sebagai “Agen of change” dalam pembangunan budaya maritime. Generasi muda sebagai investasi bangsa diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi penyelesaian masalah-masalah di waktu mendatang.


Kegiatan yang dilaksanakan di tengah situasi wabah Covid-19, para peserta yang hadir tetap melaksanakan protokol kesehatan yang dihimbau oleh Pemerintah dengan menjaga Social Distancing, Physical Distancing dan menggunakan masker.

Acara diawali sambutan Komandan Lantamal (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Tingkat Daerah menyampaikan bahwa tujuan pembentukan Saka Bahari adalah agar memiliki tambahan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan di bidang kebaharian dapat menjurus kepada karir di masa yang akan datang. Memiliki sikap dan cara berpikir yang lebih matang, dalam menghadapi segala tantangan hidup terutama kebaharian.


Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Kasal dalam sambutannya yang  mengatakan bahwa saat ini sasaran utama persaingan global adalah generasi muda. Dalam menghadapi persaingan global dibutuhkan bangsa yang memiliki generasi muda yang berpikir secara cepat, berinovasi, memiliki kreatifitas dan memiliki suatu gagasan yang semua ini ada di tataran generasi muda. Dalam membangun sumber daya manusia Indonesia yang unggul harus memiliki kompetensi tersebut.

“Salah satu visi dan misi dari pembangunan nasional adalah membangun budaya maritim, pertahanan maritim, kekuatan maritim dan diplomasi maritim. Disinilah peran yang sangat penting dari generasi muda Pramuka Saka Bahari dalam pembangunannya dan kita harus bekerja keras untuk membuat Negara Indonesia sebagai bangsa Maritim,”tegas Kasal.

Acara ini diakhiri setelah Kasal menyempatkan untuk memberikan tali asih dan foto bersama anggota Pramuka. Pejabat yang turut hadir pada kesempatan itu Aspotmar Kasal, Pangkoarmada I, Kadispotmar Mabesal, Kabid Saka Bahari Nasional serta pejabat Mabesal.(Ody-01).

Kategori:MARITIM, PELABUHAN, TNI AL, AD, AU

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s