MARITIM

TINDAK LANJUT PENILAIAN REFORMASI BIROKRASI, PUSHIDROSAL LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENILAIAN KINERJA INDIVIDU

Mimbar Maritim – Jakarta

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) melaksanakan Sosialisasi tentang Penilaian dan Pelatihan Kinerja Individu. Dalam penataan sistem manajemen SDM, oleh tim Penilai Intern Pushidrosal, di Long Room Perwira Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara, Selasa (12/5/2020).

Dasar dari kegiatan kegiatan tersebut adalah Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor Kep/1941/IX/ 2017 tanggal 8 September 2017 tentang Buku Petunjuk Teknis  Penilaian Kinerja Individu di Lingkungan TNI Angkatan Laut.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Wakapushidrosal) Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi mewakili Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 12 – 13 Mei 2020 diikuti 35 personel perwakilan dari 26 satuan kerja Pushidrosal. Yang terbagi menjadi 2 kelompok bertujuan untuk memberikan penilaian kinerja personel satuan kerja. Dalam mewujudkan penataan sumber daya manusia (SDM) sebagai peranan penting dalam mewujudkan tujuan organisasi.

Wakapushidrosal Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Trismadi pada kesempatan itu mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan tujuan organisasi dan perlu diimbangi dengan kemampuan yang dimiliki serta harus benar-benar teruji. Sehingga mampu mengerjakan semua pekerjaan yang dibebankan kepadanya secara benar dan menghasilkan hasil yang sempurna baik kuantitas dan kualitas.

Wakapushidrosal menjelaskan bahwa penilaian kerja individu merupakan sebagai salah satu aktivitas system manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur. Penataan sistem manajemen SDM aparatur bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM aparatur pada masing-masing instansi pemerintah, yang didukung oleh sistem rekrutmen dan promosi aparatur berbasis kompetensi, transparan, serta memperoleh gaji dan bentuk jaminan kesejahteraan yang sepadan.

“Target pencapaian dari kegiatan ini adalah meningkatkan penataan pengelolaan SDM, meningkatkan transparansi  dan akuntabilitas pengelolaan SDM, menigkatkan kedisiplinan SDM, meningkatkan efektifitas manajemen SDM serta meningkatkan professional SDM,”tuturnya.

Wakapushidrosal menambahkan
sifat penilaian yang dihasilkan bersifat dinamis artinya mengacu kepada perubahan pengembangan SDM itu sendiri. Diantaranya menilai dengan Obyektif  artinya sesuai dengan kondisi sebenarnya, Transparan  artinya terbuka dan inovatif. Sedangkan Akuntabel yaitu bertanggung jawab dan Ilmiah artinya menganalisa secara kuantitatif dan kualitatif.

“Penilaian kinerja individu ini, kita akan terus mendukung dan dilakukan setiap bulan pada minggu ke 4,”tutupnya.(Ody-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s