MARITIM

ANTISIPASI TERTULAR COVID 19,PRAJURIT KRI BANDA ACEH 593 JALANI RAPID TEST

‌‌Mimbar Maritim – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Salah satu unsur Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Banda Aceh 593 menjalani Rapid Test dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dilingkungannya, yang berlangsung di Tank Deck KRI Banda Aceh 593, Selasa (12/5/2020).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 121 prajurit KRI Banda Aceh 593 dari perwira, bintara dan tamtama. Ini merupakan langkah serius Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M yang telah memerintahkan jajarannya untuk lebih ketat melakukan pemeriksaan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) dr. Ari Widiyasa, Sp.OG menyampaikan bahwa Rapid Test merupakan metode pemeriksaan awal untuk melacak infeksi virus SARS-CoV-2/COVID-19 dengan mengambil sampel darah yang akurasinya mencapai 95 persen adapun asil Rapid Test dapat diketahui dalam waktu 10 menit.

“Pengukuran kekebalan tubuh seseorang merupakan langkah awal deteksi untuk pemeriksaan selanjutnya,” ujar Kadiskes Kolinlamil.

Kegiatan Rapid Test langsung dipandu oleh Tim dari Diskes Kolinlamil dibawah pimpinan Mayor Laut (K) Aam Amirudin yang menyampaikan bahwa test ini bukan untuk diagnosa Covid-19 secara langsung, karena Rapid Test yang digunakan adalah Rapid Test yang berbasis pada respon imunologi untuk melihat respon antibodi yang ada dalam tubuh.

Kadiskes Kolinlamil melaporkan kepada Panglima Kolinlamil bahwa dari hasil pemeriksaan Rapid Test yang dilaksanakan hari ini tidak ditemukan adanya hasil sampel darah prajurit yang reaktif sesuai parimeter dari alat test.

“Namun demikian, saya tetap menekankan kepada seluruh prajurit Kolinlamil untuk menjaga kesehatan masing-masing,” ujar Panglima Kolinlamil.

Selain itu, Panglima Kolinlamil juga memerintahkan jajarannya melakukan aktivitas fisik (berolahraga) dan mengasup makanan bergizi demi menjaga imun tubuh.(Ody-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s