LOGISTIK

KSOP KELAS I PANJANG TETAP HIMBAU  MASYARAKAT YANG TIDAK BERKEPENTINGAN DI LARANG MASUK PELABUHAN

Mimbar Maritim – Lampung

Melakukan aktivitas sehari – hari di tengah pandemi Covid -19 tidak  semudah yang dipikirkan dengan kondisi saat ini, kegiatan operasional di Pelabuhan tetap berjalan lancar dan tidak dapat dihentikan. Karena aktivitas logistik tetap harus berjalan guna menjaga kebutuhan masyarakat dan stabilitas perekonomian secara nasional.

Untuk memastikan keselamatan berlayar terhadap kapal-kapal logistik, tentu tak lepas dari peran Marine Inspector di pelabuhan yang melakukan pengujian terhadap ketersediaan dan fungsi peralatan keselamatan kapal, seperti alat komunikasi dan navigasi laut, alat penggerak kapal, alat penanganan kedaruratan kapal, alat keselamatan awak kapal, dan lain sebagainya. 

Kepala KSOP Kelas I Panjang, Andi Hartono kepada Mimbar Maritim di Jakarta, hari ini Sabtu (9/5/2020) mangatakan bahwa pihaknya demi menjaga keselamatan dan kesehatan bagi petugas Marine Inspector saat bertugas di masa Pandemik COVID19 ini, maka mulai hari Jum’at 8 Mei 2020 Kantor KSOP Kelas I Panjang melengkapi para petugas dengan Alat Pelindung Diri Kesehatan dan tentunya sesuai protokol kesehatan guna mencegah terpaparnya Covid – 19. 

Menurut dia, hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut sebagaimana dalam Surat Edaran yang dikeluarkan Kepala KSOP Kelas I Panjang tentang Penanggulangan Bencana Corona Virus Disease (Covid19). Setiap awak kapal dilarang turun ke pelabuhan selama berada di Pelabuhan Panjang.

Andi menjelaskan hal tersebut diberlakukan agar mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 dapat terputus, mengingat kapal logistik juga singgah di daerah zona merah Covid19. Oleh karena itu, APD sangat penting digunakan oleh Marine Inspector yang berinteraksi langsung dengan awak kapal selama melakukan pemeriksaan di atas kapal,”ujar Andi.
“Kami juga terus mengingatkan bagi masyarakat yang tidak ada kepentingan di dalam pelabuhan, sebaiknya tetap di rumah saja dan menjelang hari raya Idul Fitri 1441H. Diharapkan agar masyarakat tetap mematuhi imbauan maupun peraturan yang telah dikeluarkan pemerintah. Untuk tidak mudik dan tentunya tidak piknik,”pungkas Andi.(Ody-01).

Kategori:LOGISTIK, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s