KORPORASI

KSU Tanjung Priok  Apresiasi Program ASBUPI  Bagikan 10.000 Masker Kepada Masyarakat Pelabuhan 

Capt Hermanta Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok

Mimbar Maritim – Jakarta

Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ASBUPI) adalah asosiasi yang dibentuk untuk menghimpun para pelaku badan usaha pelabuhan yang diusahakan secara komersial dalam satu wadah organisasi nirlaba. 

Ditengah wabah pandemi Covid-19 sangat dirasakan masyarakat,  ASBUPI bekerjasama dengan Kantor Syahbandar Pelabuhan Kelas Utama Tanjung Priok, Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Tanjung Priok dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

Didukung dan di-organize Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami) menggelar acara pendistribusian 10.000 masker kepada masyarakat membutuhkan, bertempat di Terminal Penumpang  Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok,Rabu (29/4/2020).

Target pendistribusiannya masker tersebut ditujukan kepada tenaga kerja bongkar muat pelabuhan, persatuan ojek online, tenaga kerja kapal, office boy pelabuhan dan masyarakat di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.Terutama terhadap para pekerja berada di luar rumah dan sering berhubungan langsung dengan orang lain terkait dengan pelayanan kepelabuhanan.

Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt Hermanta selaku Ketua Tim Gugus Covid-19 di Pelabuhan Tanjung Priok pada kesempatan itu dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ASBUPI), Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Tanjung Priok, Polres Pelabuhan Tanjung Priok dan Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami) serta IPC Cabang Tanjung Priok dan Direksi IPC/PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).

Yang telah berupaya menginisiasi agar terlaksana program pendistribusian 10.000 masker kain/scuba gratis kepada Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan, Persatuan Ojek Online, Office Boy Pelabuhan, Driver Truck dan masyarakat di lingkungan pelabuhan.

Ia mengatakan hal ini merupakan sebuah sinergi dan kolaborasi yang baik yang dilakukan oleh Asosiasi, instansi pemerintah, penegak hukum, BUMN dan wadah para Jurnlais, untuk dapat berbagi dan memberikan manfaat. Acara seperti ini bisa dijadikan contoh program ke depan bagi asosiasi dan instansi lainnya.

Lebih lanjut, Capt Hermanta mengungkapkan pencegahan dan antisipasi pandemi Covid-19 ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita semuanya dari mulai instansi pemerintah, BUMN, Swasta, penegak hukum, asosiasi hingga masing-masing individu yang melakukan aktivitas di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

Capt Hermanta pada kesempatan itu menjelaskan Kesehatan, keselamatan dan kebahagiaan seluruh insan di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok adalah prioritas utama seluruh pemangku kepentingan dan instansi yang berada di lingkungan Pelabuhan.

Mendukung sepenuhnya sinergi dan kolaborasi program-program antisipasi dan pencegahan terjangkitnya/menularnya wabah Covid-19 pada insan di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok beserta keluarganya.

Dia mengharapkan kepada seluruh insan yang beraktivitas di area Pelabuhan Tanjung Priok diwajibkan. Untuk mematuhi protokol pencegahan Covid-19 sesuai himbauan Pemerintah seperti melakukan social/physical distancing, menggunakan masker baik di dalam maupun di luar ruangan, rajin mencuci tangan dengan sabun/handsanitizer, juga agar berjemur 15-30 menit pada waktu pagi hari.

“Banyak berkumur air garam hangat, minum Jahe Lemon Madu hangat, Minum Stimuno, Vitamin C, Anggur, Jeruk, Jambu Biji, Labu dan Kurma. Agar selalu stay positive thinking, positive feeling & positive action yang akan menguatkan imun tubuh kita apapun keadaan dan kondisinya,”tuturnya.

Ditambahkanya, kebutuhan terhadap masker saat ini menjadi sangat penting bagi seluruh masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang beraktivitas di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok. Hal ini dikarenakan fungsi Pelabuhan yang harus terus berjalan di tengah mewabahnya Covid- 19 untuk menjaga dan memastikan keberlangsungan logistik atau distribusi barang- barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain itu, katanya untuk pekerja informal yang masih beraktivitas di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok, seperti ojek online dan penjual makanan di kantin, menjadi tanggungjawab kita bersama. Untuk membantu mereka dalam mendapatkan masker agar kegiatan pelayanan mereka dapat terus berjalan.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh pihak di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok. Untuk tetap proaktif dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan tetap berpikir positif dan optimis serta berhati-hati dalam menyebarkan informasi terkait Covid-19 baik melalui media sosial ataupun media lainnya, harus disaring dan dikonfirmasi pada pihak terkait,”tegas Capt Hermanta.

Pada kesempatan itu Capt. Hermanta  mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1441 H/2020. Mari kita perbanyak ibadah, doa, amalan, infaq, sodakoh dan santunan.

“Semoga kita semua diberikan kesehatan, kemudahaan, kelancaraan dan kemuliaan dalam memberikan manfaat serta semoga Allah SWT segera meredakan Wabah Covid-19 kali ini. Dengan hikmah yang melekat di diri kita, bahwa dibalik ikhtiar dan kerja keras yang kita lakukan, tetaplah rendah hati bahwa di atas segalanya, ada Allah SWT yang Maha Kuasa,”tutupnya. 

Acara pendistribusian 10.000 masker ini dihadiri, Capt Hermanta, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok selaku Ketua Tim Gugus Covid-19 di Pelabuhan Tanjung Priok  Jece Julita Piris, Kepala Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Kurniawan Tandi Rongre, S.I.K., M.Si. Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Direksi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang dalam hal ini diwakili Supardjo GM IPC Cabang Tanjung Priok dan Ire Djafar Ketua Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami) seluruh Junalis Forwami.(Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s