COAST GUARD

Koordinator Tim Gugus Posko Covid-19 Tanjung Priok Tetap Siaga Pemulangan AKB Kapal Pesiar

Mimbar Maritim – Tanjung Priok

Untuk menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19), terutama diwilayah operasional pelabuhan Tanjung Priok. Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan(KKP), Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok dan instasi terkait lainnya. Setiap saat tetap siaga, untuk melakukan pengawasan dan memfasilitasi para ABK Warga Negara Indonesia dari Kapal Pesiar.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Capt Hermanta selaku Koordinator Tim Gugus penanggulangan Covid-19 Pelabuhan Tanjung Priok hari ini sejak pagi, Rabu (29/4/2020) mendampingi Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Capt Wisnu Handoko Ditjen Perhubungan Laut.

Capt Hermanta mengatakan pihaknya selalu koordinasi dalam melakukan kegiatan pengawasan penjemputan 359 WNI yang merupakan ABK dari Kapal Pesiar MV. Dream Explorer di Pelabuhan Tanjung Priok bersama jajaran Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kogabwilhan-I). 

“Kapal Pesiar tersebut berasal dari Australia dan akan segera kembali ke Australia setelah melaksanakan pemulangan ABK mereka yaitu WNI,”katanya.

Menurut dia, hal ini gak bedanya seperti yang telah dilakukan kepada WNI ABK MV. Artania pada hari Jumat (24/4/2020) yang lalu. Sedangkan pada hari ini (29/4/2020) Sebanyak 359 orang WNI ABK MV. Dream Explorer diturunkan menggunakan beberapa sekoci boat milik kapal pesiar tersebut menuju Dermaga JICT-II Tanjung Priok.

Selanjutnya, kata Capt Hermanta untuk dilakukan screaning kesehatan dan penyemprotan disinfektan kepada barang-barang bawaan ABK oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan yang bekerjasama dengan Jajaran Dinkes Kogabwilhan-I TNI AL.

“Para ABK MV.Dream Explorer diantar menggunakan bus yang telah disiapkan menuju Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran. Untuk melaksanakan karantina dan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut oleh tim medis,”ujarnya.

Ditambahkannya bahwa pihaknya tetap seperti sebelumnya, pada saat proses penjemputan tersebut, Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok membantu dengan menurunkan 2 (dua) Kapal Patroli Syahbandar. Untuk mengawal para ABK MV Dream Explorer.

Capt. Hermanta selaku Koordinator Tim Gugus Posko Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 di Pelabuhan Tanjung Priok mengungkapkan pihak juga telah melakukan koordinasi  persiapan penjemputan 57 ABK Kapal Pesiar MV. Artania di Pelabuhan Tanjung Priok bersama jajaran Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Kogabwilhan-I) dikomando langsung oleh Laksdya TNI Yudo Margono selaku Panglima Kogabwilhan-I, Jumat (24/4/2020).

Pada kesempatan itu, sebanyak 57 orang ABK MV Artania diturunkan menggunakan tiga sekoci boat milik MV. Artania menuju Dermaga JICT II. Setelah tiba di dermaga, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Jajaran Kogabwilhan-I TNI AL, kepada seluruh ABK langsung dilakukan rapid rest Covid-19, dengan hasil 8 orang dinyatakan positif.

“Selanjutnya para ABK MV Artania diantar menggunakan bus yang telah disiapkan menuju RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran untuk melaksanakan karantina serta kepada yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 diantar. Untuk segera mendapatkan perawatan lebih lanjut menggunakan Ambulance yang telah disiapkan,” pungkasnya.

Saat proses penjemputan Kepala Syahbandar Utama Tanjung Priok Capt Hermanta menurunkan 2 (dua) Kapal Patroli Syahbandar untuk mengawal para ABK MV.Artania.(Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s