COAST GUARD

Kantor Syahbandar Utama (KSU) Pelabuhan Tanjung Priok Lakukan Berbagai Upaya Pencegahan Covid-19

Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Capt.Hermanta

Mimbar Maritim – Tanjung Priok

Setelah Presiden Joko Widodo memilih pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona di Indonesia. Pemerintah menetapkan Covid-19 sebagai penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat.

Menteri Perhubungan dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan stakeholder pelabuhan telah melalukan berbagai upaya dalam mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), termasuk di area fasilitas pelabuhan maupun pada kapal yang sandar.

Kepala Kantor Syahbandar Utama (KSU) Pelabuhan Tanjung Priok Capt.Hermanta kepada Mimbar Maritim diruang kerjanya, Jumat (3/4/2020) mengatakan sejak pemerintah menyatakan memutus mata rantai pandemi virus corona, pelabuhan Tanjung Priok melalui amanah dari Menhub dan Ditjen Hubla agar memerhatikan secara serius penyebaran Vicod-19.

Capt.Hermanta mengungkapkan bahwa pada minggu pertama setelah wabah penyebaran Vicod-19, pihaknya telah melakukan telah tindakan pertama dengan pemeriksaan secara intensif terhadap kapal dagang asing yang masuk ke Indonesia. Selanjutnya pada minggu kedua yang dilakukan adalah adanya perhatian serius terhadap kedatangan kapal – kapal asing berasal dari China.

” Saat kita melakukan tindakan kedua tersebut yaitu mengeluarkan surat edaran lagi, mengundang stakeholder dan seluruh instansi dalam pelabuhan terkait perberlakuan pemeriksaan terhadap seluruh kapal internasional dan domestik hingga sampai ada tahap evalusi kembali,” katanya.

Selanjutnya, kata Capt Hermanta petugas dilapangan melakukan tindakan yang terakhir atau ketiga yaitu tindakan berskala tinggi sesuai arahan Pemerintah. Untuk memberlakukan WFH (work from home) terhadap para pegawai dengan pembagian pekerjaan secara proporsional secara bergantian.

“Kita juga telah melakukan beberapa kali penyemprotan disinfektan disekitar kantor agar steril dari  penyebaran Covid-19,”ujarnya.

Dia menjelaskan KSU Tanjung Priok sesuai instruksi dari Pak Menhub dan Pak Dirjen Perhubungan Laut agar tetap memberikan pelayanan. Dengan memperhatikan pegawai yang bertugas sesuai dengan bidangnya masing – masing.

Dikatakanya, pihaknya telah melakukan disinfektan tiga kali di KSU Tanjung Priok, artinya bahwa KSU Tanjung Priok melakukan sterilisasi dalam rangka memberikan jaminan kepada masyarakat dengan aman saat proses pelayanan. 

Selain itu, KSU Tanjung Priok juga telah melakukan himbauan terhadap tamu, pegawai dan pengguna jasa kepelabuhanan agar memperhatikan social distancing (jaga jarak) ketika melakukan pelayanan.

Lebih lanjut, Capt.Hermanta menyebutkan pihaknya bersama Pemkot Jakarta Utara, PMI Jakarta Utara, PT Pelindo II (Persero) Cabang Tanjung Priok , Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Priok, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kolinlamil, Kantor Bea dan Cukai dan stakeholder memberikan jaminan kepada masyarakat. Dengan melakukan penyemprotan di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok dan Terminal Penumpang Pelni.

Capt.Hermanta mengatakan sangat berterimakasih kepada seluruh instansi dan stakeholder pelabuhan Tanjung Priok atas antusiasnya dan dukungan serta kerjasamanya, dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Pelabuhan.Terutama dalam menjaga pelabuhan khususnya menjalankan amanah Bapak Presiden RI dan Bapak Menteri Perhubungan agar seluruh instansi pemerintah memberikan pelayanan dengan baik, agar kegiatan perkapalan pelabuhan tetap berjalan.

KSU Tanjung Priok katanya selama wabah penyebaran Covid-19 telah melaksanakan WFH secara bergantian di atur Bidang Kepegawaian oleh Kabag Kepegawaian untuk memberikan pelayanan yang maksimal agar terhindar dari wabah Covid-19. Sesuai arahan Pemerintah kita tetap menjalankan tugas. 

” Dengan harapan kegiatan pelabuhan dan perkapalan serta perusahaan berjalan dengan baik. Semoga wabah Covid-19 dapat segera berakhir dan diselesaikan serta semua tetap mengikuti arahan dari Pemerintah,” pungkas Capt.Hermanta.(Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s