KORPORASI

Pelindo IV Cabang Parepare Terus Berupaya Cegah Penyebaran Covid-19

Mimbar Maritim – Makassar
Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Parepare telah melakukan berbagai langkah preventif upaya penyebaran Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19.
General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Parepare, Muhammad Ilyas dalam keterangan persnya, diterima Mimbar Maritim Selasa (31/3/2020) mengatakan berbagai langkah preventif tersebut sudah dilakukan mulai Februari 2020, sejak ada surat edaran Dirut PT Pelindo IV untuk mengantisipasi wabah Covid-19.

“Begitu kasus ini mencuat di Indonesia, PT Pelindo IV termasuk PT Pelindo IV Cabang Parepare langsung mengambil berbagai langkah untuk pencegahan penyebaran Virus Corona. Karena pelabuhan cukup riskan, mengingat pelabuhan adalah salah satu pintu keluar masuk orang dan barang di Kota Parepare dan sekitarnya,” ungkap Ilyas.
Dia menjelaskan, langkah atau uyapa yang dilakukan pihaknya di antaranya dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan. Terutama untuk fasilitas umum yang ada di Terminal Penumpang Pelabuhan Nusantara Parepare.

“Seperti kursi, tangga menuju ke kapal hingga alat untuk mengangkut barang penumpang juga disemprot dengan cairan disinfektan. Semua penumpang yang akan naik dan turun juga kami lakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan alat thermal scanner,” terangnya.
Menurutnya, untuk penyemprotan dengan cairan disinfektan, Pelindo IV Cabang Parepare bekerja sama dengan Pemkot Parepare. Sementara untuk pemeriksaan suhu tubuh, pihaknya bekerja sama dengan Karantina Kesehatan, dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Parepare. Para petugas memeriksa suhu tubuh setiap penumpang yang akan naik dan turun dari kapal.
Tak hanya itu, katanya manajemen Pelindo IV Cabang Parepare juga menyediakan hand sanitizer atau cairan antiseptik. Untuk mencuci tangan di tempat-tempat umum, seperti terminal penumpang dan dekat akses masuk ke dalam gedung kantor.

Dilakukan juga social distancing atau pembatasan sosial atau menjaga jarak utamanya di terminal penumpang, agar ada jarak minimal 1 meter bagi para penumpang yang sedang menunggu kapal.
“Penumpang yang antri masuk ke terminal dan yang akan naik ke atas kapal pun kami siapkan social distancing,”ujarnya.
Bahkan saat ini lanjut Ilyas, pihaknya sudah menyediakan bilik penyemprotan disinfektan bagi penumpang kapal yang akan masuk dan keluar dari terminal.
“Bilik penyemprotan kami siapkan 2 unit, agar penumpang yang akan masuk dan keluar tak perlu mengantri terlalu lama,” tambahnya.Dalam melakukan berbagai langkah preventif sebagai upaya penyebaran Virus Corona tambah Ilyas, Pelindo IV Cabang Parepare selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama Pemerintah Kota Parepare dan instansi di lingkungan Pelabuhan Parepare, seperti KSOP, Polsek Pelabuhan, Karantina Kesehatan, juga Dinas Kesehatan Kota Parepare, Dinas Perhubungan Kota Parepare, Satpol PP Kota Parepare, Dinas Penanggulangan Bencana Daerah, serta camat setempat.
“Kami selalu bekerja sama dan berkolaborasi melakukan penyemprotan kepada semua penumpang yang turun maupun barang yang masuk. Bahkan melakukan pemeriksaan suhu badan yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dibantu oleh Dinas Kesehatan Kota Parepare,” pungkas Ilyas.(Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s