PELABUHAN

KSOP KELAS IV MARUNDA BERSAMA KKP DAN STAKEHOLDER TERUS BERUPAYA CEGAH COVID-19 DI PELABUHAN MARUNDA

Mimbar Maritim – Jakarta

Penyebaran virus corona saat ini cukup masiv penyebarannya khusus di DKI Jakarta. Di tengah merebaknya Covid-19 Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda – Jakarta Utara telah melaksanakan  berbagai upaya koordinasi dengan stakeholder. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah pelabuhan Marunda.

“Sebagai upaya yang sudah kami dilakukan menghadapi penyebaran Covid-19. Dengan beberapa langkah-langkah diantaranya melaksanakan work from home (WFH) terhadap sebahagian pegawai, menyediakan fasilitas wastafel dan sabun cuci tangan di ruang tunggu Kantor,” demikian disampaikan Kepala KSOP Kelas IV Marunda Iwan Sumantri kepada  Mimbar Maritim ketika dikonfirmasi via sosmed WhatsApp hari ini, Selasa (31/3/2020). 

Selain itu, kata Iwan pihaknya juga melakukan dengan mengukur suhu tubuh setiap orang yang datang.Menerapkan protokol antisipasi Covid-19 ditempat umum dan di tempat kerja. Melakukan penyemprotan disinfektan di ruang kerja kantor.

“Setelah merebaknya wabah virus corona tersebut, kami juga melakukan kerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Marunda. Untuk memeriksa kesehatan anak buah kapal (ABK) dan melakukan penyemprotan di atas kapal (jika diperlukan),”tutur Iwan.

Iwan Sumantri menambahkan sejak merebaknya penyebaran virus corona khususnya di DKI Jakarta, KSOP Kelas IV Marunda telah mengeluarkan surat edaran pada tanggal 23 Maret 2020 tentang himbauan antisipasi pencegahan virus vorona di pelabuhan Marunda.

“Pelayanan di pelabuhan Marunda masih berjalan lancar dan normal.Sejauh ini, koordinasi dengan instansi pemerintah juga berjalan sangat baik dan saling bersinergi,”pungkas Iwan.

Sementara itu, Saepul Millaj SKM Selaku Koordinator Wilayah Kerja Marunda dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Marunda mengatakan pihak telah melalukan sosialisasi di kantor Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda. Bahkan melakukan penyehatan  terhadap kantor – kantor di wilayah pelabuhan Marunda dan sekitarnya dengan tindakan penyemprotan disinfektan.

“Seluruh perushaan – perusahaan swasta dan instansi pemerintah KSOP Marunda, sudah kita laksanakan upaya penyehatan cegah Vicod-19,” ucapnya.

Selain itu, katanya saat ini dilakukan merambah ke alat angkut seperti yang baru kita lakukan hari ini terhadap satu kapal dengan melakukan pengecekan suhu tubuh ABK dan disinfektan kapal tersebut.

Dikatakannya, ketika ngecek suhu tubuh ABK ada yang dinyatakan atau ditemui suhunya 38 derajat Celsius maka akan dilakukan evakuasi dan diturunkan dari kapal.Dicek lebih lanjut kesehatan dari ABK dan kapalnya juga tidak diperbolehkan berangkat. 

“Alhamdulilah, kami disini bersinergi semua dalam melaksanakan pencegahan Covid-19 dengan memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Dengan melaksanakan penyemprotan disaksikan, KSOP, Polri dan para pengguna jasa pelabuhan Marunda,” jelasnya.

Menurut dia, KKP Marunda juga sangat terbantu, dimana Kepala KSOP Kelas IV Marunda telah mengeluarkan surat edaran tertanggal 23 Maret 2020 berbentuk himbauan terhadap antisipasi penyebaran virus corona di wilayah pelabuhan Marunda.

“Kami juga  berharap dan sangat bersyukur, hingga saat ini belum ada yang kami ditemukan terjangkit Covid-19. Kalau bisa mudah – mudahan sampai Vicod-19 berkahir jangan ada yang kena virus corona,” pungkas Saeful.(Ody-01).

Kategori:PELABUHAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s