COAST GUARD

DITJEN HUBLA CQ KANTOR UPP POMAKO TIMIKA DAN PT. FREEPORT INDONESIA TANDA TANGANIPERJANJIAN SERAH TERIMA ASET PROPERTI

Mimbar Maritim – Jakarta

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut cq Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Pomako Timika dan PT. Freeport Indonesia, melakukan Penandatanganan Perjanjian Hibah Properti Tanah dan Bangunan bertempat di  Kantor PT Freeport Indonesia, Jl. HR Rasuna  Said Kuningan Jakarta Selatan,Jumat (24/1/2020). 

Penandatangan hibah dilakukan antara pihak PT. Freeport Indonesia yang diwakilili oleh Wakil Presiden Hubungan Pemerintahan, Jonny Lingga dan pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili Kepala Kantor UPP Pomako, Husni Tianotak, dengan disaksikan beberapa pejabat dari Kementerian Perhubungan.

Menurut Wakil Presiden Hubungan Pemerintahan, Jonny Lingga, saat ini  PT. Freeport Indonesia sedang   melakukan pelepasan aset yang berada di luar wilayah kerja utamanya, dimana salah satunya diserahkan kepada UPP Pomako Timika.   

Jonny Lingga mengatakan hibah properti yang diserah terimakan dari PT. Freeport Indonesia kepada Direktorat Jenderal Perhubungan cq UPP Pomako dimaksud berupa dua unit rumah beserta tanah yang terletak di Kompleks Perumahan Timika Indah, Timika, Kabupaten Mimika, Propinsi Papua.

“Rumah dan bangunan tersebut masing-masing seluas 671 m2 dengan perkiraan nilai jual Rp. 1,104 milliar dan 635 m2 dengan perkiraan nilai jual Rp. 1.182 miliiar” kata Jonny.

Jonny Lingga menjelaskan proses hibah aset ini berdasarkan Surat PT. Freeport Indonesia  Nomor: 027/III/FI-GR/20018 tanggal 19 Maret  2018, perihal Hibah Tanah dan Bangunan, Surat Kepala Kantor UPP Pomako No. UM.002 /22/18/UPP.AMP/2018 tanggal 7 Desember 2018 tentang Hibah Tanah dan Bangunan, Surat PT.Freeport Indonesai  Nomor: 055/VII/FI-GR/20019 tertanggal 11 Juli 2019, perihal Hibah Tanah dan Bangunan serta Surat PT. Freeport Indonesia Nomor: 106/XI/FI-GR/20019 tertanggal 11 November  2019, perihal Hibah Tanah dan Bangunan.

“Kami berharap aset yang diserah-terimakan ini akan bisa dimanfaatkan secara baik bagi Kantor UPP Pomako Timika untuk digunakan sebagai rumah dinas atau kantor dinas,” ungkap Jonny.

Setelah ditandatanganinya perjanjian ini, selanjunya PT.Freeport Indonesia   akan bertanggung-jawab atas pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah (BPHTB), biaya Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (“PPAT”) dan pajak-pajak atau kewajiban-kewajiban lainnya sehubungan dengan perjanjian ini dan/atau peralihan sertifikat HGB atas properti kepada UPP Pomako ini.

Sementara itu, Kepala UPP Pomako Timika, Husni Tianotak mengatakan pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PT. Freeport Indonesia  atas hibah aset yang diberikan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut cq UPP Pomako Timika ini.

Husni Tianotak menjelaskan, ditandatanganinya perjanjian hibah  aset properti  dari PT. Freeport Indonesia  kepada UPP Pomako menunjukkan  hubungan dan sinergi yang baik dari kedua belah pihak, baik pihak UPP Pomako selaku Pemerintah atau regulator dan PT. Freeport Indonesia sebagai pihak swasta dan pelaku usaha.

“Direktorat Jenderal Perhubungan Laut cq UPP Pomako akan memanfaatkan dan menggunakan aset yang diterima ini untuk lebih meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada masyarakat dan dunia usaha terutama di wilayah Kabupaten Mimika Papua. Sebelumnya aset ini memang sudah digunakan oleh UPP Pomako dengan status pinjam pakai,” pungkas Husni. (Ody-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s