COST GUARD

DITJEN HUBLA MELALUI KANTOR KESYAHBANDARAN UTAMA PELABUHAN TANJUNG PRIOK BERIKAN DOKUMEN DAN SERTIFIKASI SERVICE BOAT GRATIS SEKALIGUS LAUNCHING LAYANAN ” SI PATIMAH “

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Capt.Hermanta

Mimbar Maritim – Jakarta

Dalam rangka  meningkatkan pelayanan terkait dengan sertifikasi kapal-kapal Service Boat yang beroperasi sehari – hari di Pelabuhan Tanjung Priok.

Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, melakukan terobosan secara aktif hadir menjemput para pengguna jasa khususnya masyarakat kecil dan nelayan. Yang membutuhkan pelayanan terhadap pemenuhan kewajiban operasional kapal dan para pelaut.

Melalui terobosan tersebut Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, menggelar acara serah terima surat dan sertifikasi kapal-kapal  Service Boat, sekaligus launching layanan ” SI PATIMAH ” atau Sistem Pelayanan Terpadu Insan Maritim Yang Efisien dn Handal, yang di laksanakan di dermaga Arung Samudera Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (15/1/2020).

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Capt.Hermanta dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih hari ini telah dilaksanakan penyerahan surat dan sertifikasi kapal Service Boat sekaligus Lauching pelayanan ” SIPATIMAH ” di wilayah kerja Kesyahbadaran Utama Tanjung Priok.

” Pembagian sertifikasi kapal service boat ini dibagikan kepada kapal yang sehari – hari beroperasi di Dermaga Arung SamuderaTanjung Priok,” katanya.

Capt.Hermanta menyebutkan jumlah kapal yang telah diukur dan ditertibkan gross akta 6 (enam) kapal, pas besar yang diterbitkan berjumlah 24 kapal sedangkan  kapal sertifikat keselamatannya di terbitkan 24 kapal serta surat gerak yang diterbitkan sejumlah 24 kapal.
Proses pengukuran kapal dan penertiban sertifikat keselamatan kapal dilaksanakan secara pararel mulai dari awal Desember 2019 sampai dengan saat ini tanpa mengabaikan keselamatan dan status hukum dari kapal.


Lebih lanjut, Capt.Hermanta mengatakan bahwa kegiatan ini melibatkan ahli ukur kapal, petugas pendaftaran kapal, Marine Inspector serta petugas Kesyahbandaran di Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok.

” Dengan  Tajuk Kemenhub Cq Ditjen Hubla melayani untuk Negeri, dengan sasaran masyarakat kecil dan para nelayan,tidak ada lagi dinding – dinding birokrasi. Semua kita pangkas untuk memudahkan masyarakat berkat kami yang hadir untuk masyarakat yakni great service great country,” ungkap Hermanta.

Menurut Capt.Hermanta kegiatan tersebut dilakukan dengan cara pengukuran, pemeriksaan, pengujian kapal serta pengawasan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Supaya dilakukan pengawasan bersama-sama baik oleh pemerintah maupun pemilik kapal. 

“Karena dalam kegiatan operasional kapal pelaksanaan kegiatan operasional kapal, pihak yang paling dekat dan mengetahui adanya gangguan faktor keselamatan dan keamanan kapal adalah Nakhoda dan Awak kapal,” ujarnya.

Capt.Hermanta menambahkan melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh kapal service boat kedepan akan tertata dengan tertib dan termonitor dengan baik.Sehingga aspek keselamatan dan keamanan serta kenyamanan dapat terus ditingkatkan.

Sementara Direktur Jenderal Perhubungan Laut R.Agus H Purnomo dalam sambutannya dibacakan Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt.Sudiono mengatakan diwilayah pelabuhan Tanjung Priok per tahun melayani lebih kurang 1500 kapal. Semua kapal tersebut sangat membutuhkan layanan service boat sebagai penunjang operasional kapal yang engker sebelum sandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Priok.

Menurut Dirjen Agus menyebutkan selama 32.tahun kapal – kapal service boat tersebut telah melayani turun naik penumpang sebelum kapal sandar di dermaga.Dalam rangka peningkatan kepatuhan dan ketertiban kapal sesuai dengan Undang – Undang No.18 Tentang Pelayaran dan Peraturan Pemerintah No.51 tentang Perkapalan.

“Maka Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok berkewajiban, untuk melalukan pengaturan, pembinaan dan pengawasan terhadap kapal-kapal yang beroperasi dilingkungan Tanjung Priok.  Untuk memsertifikasi dokumen status hukum kapal dan dokumen keselamatan kapal,” ungkapnya.

Dirjen Agus pada kesempatan itu, mengatakan dengan adanya dokumen kapal, maka sisi aspek kelaikan lautan kapal terpenuhi dan akan menjamin pelayanan service boat aman, nyaman  teratur dan tertib serta efisien.
Lebih lanjut, dikatakan Dirjen Agus bahwa dengan dokumen kapal yang diterbitkan ini, akan memberikan batasan terhadap ukuran, jumlah penumpang dan barang yang dapat diangkut kapal serta daerah pelayaran. Hal ini, menyangkut keselamatan pelayaran dan keamanan kapal.

“Direktorat Jenderal Pehuhungan Laut dan jajarannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh para pemilik kapal, yang telah sadar akan pentingnya status hulum dan keselamatan kapal-kapalnya dan seluruh instansi terkait. Kami berharap agar kelaiklaitan service boat di Tanjung Priok tetap dijaga dan ditingkatkan. Sehingga kapal terus dapat beroperasi dengan baik dan membawa manfaat bagi pelaku usaha pelayaran pada umumnya serta masyarakat kecil khususnya,” pungkasnya.

Ketua Paguyuban Service Boat Tanjung Priok Suhartono pada kesempatan itu kepada Mimbar Maritim mengatakan sangat berterimakasih kepada pemerintah atau kepada Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok.

“Kami sangat tertolong dan terbantu dengan terbitnya dokumen kapal service boat dan sertifikasi kelaiklautan kapal secara gratis. Kami juga sadar dan merasakan manfaat khususnya bagi kami masyarakat kecil yang hidupnya sehari – hari dari service boat ini,” pungkasnya. 

Dipenghujung acara, Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pengguntingan pita secara resmi dan meninjau layanan ” SI PATIMAH ” oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt.Sudiono didampingi  Kelapa Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Capt.Hermanta.

Hadir dalam acara launching layanan ” SI PATIMAH ” Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok, Kepala KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu Hanif, Kepala KSOP Kelas III Sunda Kelapa diwakili Agus H, Kepala KSOP Kelas IV Marunda diwakili Hendrikus, Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok diwakili Kasie Patroli Ririn, GM.PT.Pelindo II (Persero)diwakili DGM.Kepanduan Capt.Teddy Gunawan, Pengurus INSA Jaya, Ketua Umum ISAA Juswandi Kristianto, Ketua DPD ALFI DKI Jakarta Adil Karim, TNI dan Polri serta instansi terkait Pelabuhan Tanjung Priok. (Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s