KORPORASI

GEDUNG KEPANDUAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK DIRESMIKAN PADA PERGANTIAN TAHUN 2019 KE TAHUN 2020

Mimbar Maritim – Tanjung Priok

Tahun 2019 IPC/PT Pelabuhan Indonesia (Persero) telah banyak pencapaian yang diraih dan tahun 2020 juga akan banyak tantangan yang harus dihadapi. PT Pelindo II berkomitmen melanjutkan program-program, untuk mewujudkan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi Pelabuhan Kelas Dunia (World Class Port).

“Kita berharap di Tahun 2020, sebagai bagian dari komunitas pelabuhan dapat meningkatkan kerjasama untuk merealisasikan cita-cita world class port,” demikian disampaikan General Manager IPC Cabang Tanjung Priok Suparjo dalam sambutannya pada acara Tasyakuran First Call-Last Call dan sekaligus peresmian renovasi Gedung Kepanduan IPC Cabang Tanjung Priok di Jakarta Utara, Selasa (31/12/2019).

Suparjo pada kesempatan itu, menyampaikan rasa syukur dan nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa, berkat ridho-Nya tahun 2020 dapat dilalui tanpa kendala yang berarti dan dapat meraih segala pencapaian di tahun 2019.

GM IPC Cabang Tanjung Priok Suparjo

“Kami mengajak seluruh stakeholders untuk menyambut tahun 2020 dengan memanjatkan doa, agar di tahun baru nanti dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita di harapkan,” imbuhnya.

Suparjo menjelaskan dengan gedung baru ini tercipta lingkungan kerja yang lebih baik dan nyaman. Sehingga dapat meningkatkan kinerja menjadi lebih efektif dan produktif. Pekerja memiliki semangat baru, untuk bekerja menyongsong Era Baru Pelabuhan sesuai tag line IPC Energizing Trade Energizing Indonesia.

“ Semoga dengan acara syukuran ini pelabuhan Tanjung Priok yang kita cintai dapat lebih maju dari segala aspek dan dengan diresmikannya Gedung ini, kerja kita menjadi lebih efektif, fokus dan terarah,” pungkas Suparjo.

Sementara Direktur Operasi IPC Prasetyadi didampingi Direktur Komersial IPC Arif Suhartono mewakili manajemen IPC/PT.Pelindo II dalam sambutannya mengatakan banyak hal yang telah dilakukan PT Pelindo II di pelabuhan Tanjung Priok, baik dari sisi operasional, komersial maupun sisi yang lain.

“ Namun masih banyak kekurangan, diharapkan kekurangan tersebut bisa dikembalikan kepada kami semua dan kami menharapkan apabila masih ada kekurangan tolong disampaikan langsung, sehingga komunikasi bisa berimbang terus,”katanya.

Prasetyadi menyebutkan jika ada hal – hal yang segera diperbaiki segera akan dilakukan, sepanjang itu menunjang pelayanan terhadap costumer. “ Karena pelanggan (costumer) itu adalah raja bagi kita, maka kita harus berusaha terus melayani secara baik,” ucap Prasetyadi.

Direktur Operasi IPC Prasetyadi

Ia menjelaskan dengan direnovasinya gedung kepanduan Tanjung Priok, hal ini akan membuat lebih nyaman para Pandu. Diharapkan dapat membantu Pandu berhadapan dengan para Nakhoda kapal. Dalam hal ini, para Pandu perlu di support tentunya juga para ABK serta kru-kru yang lainnya, karena pandu adalah garda terdepan pelabuhan.

“ Tahun 2020 agar lebih bagus dari pada tahun sebelumnya dan yang paling utama adalah tahun 2020, IPC telah menuju world class port. Jadi tahun depan tema yang akan diusung atau target perbaikan IPC menjadi pelabuhan kelas dunia. Hal ini tidak akan dapat terlaksana atau terwujud tanpa dukungan dari stakeholder terutama dari Syahbandar dan Otoritas pelabuhan,” tutupnya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt.Hermanta pada kesempatan itu juga menyampaikan apresiasinya atas kesempatan yang diberikan IPC Cabang Tanjung Priok khususnya dalam meresmikan, syukuran renovasi Kantor Kepanduan IPC Cabang Tanjung Priok sekaligus pergantian pada malam pergantian tahun 2019 ke tahun 2020.

Capt Hermanta menjelaskan pandu memilki sejarah yang panjang dan pandu tercatat sejak abab ke-5, saat itu kapal-kapal dari China dibantu pandu oleh kerajaan Sriwijaya dan kemudian dari Samudera Pasai. Sejarah panjang ini, tentunya mempunyai histori dan termasuk jaman Marco Polo masuk ke bumi Nusantara masih kecil dibawa orang tuanya Niccolo Polo pada tahun 1272, saat itu Pandu memiliki peranan penting memandu saat kedatangannya.

Kepala Kantor Syahbandar Tanjung Priok Capt.Hermanta

“ Ketika tamu negara datang yang menyambut bukan lah kedutaan negara, namun pandu yang pertama hadir mewakili negara menyambut kehadiran tamu negara. Dan setiap kapal kita masuk ke negara orang yang menyambut pertama adalah pandu, jadi jelas peran pandu itu sangat vital. Karena Pandu adalah sebagai ujung tombak dan garda terdepan di dalam pelabuhan,” jelas Capt. Hermanta.

Menurut dia, baik buruknya pandu itu di wilayah Tanjung Priok dan kemudian pandu – pandu seluruh Indonesia menjadi cerminan budaya Indonesia. Karena selain pandu berkompeten dan harus bisa menjadi teladan, sopan santun itulah yang menjadi wakil kita pada saat pertama sekali ditemui oran-orang asing yang masuk ke dalam pelabuhan Indonesia.

“ Ketika pandu kita tidak disiplin dan tidak teladan atau pandu kita urakan maka Indonesia bisa dapat tidak bagus dan cacat di mata dunia. Kami berharap kedepan agar seluruh pandu terus di perhatikan baik dari sisi kedisplinannya dan tentu harus memiliki etos kerja,” ucap Capt.Hermanta.

Capt.Hermanta menambahkan dengan gedung baru dan fasilitas yang bagus ini, agar kita manfaatkan dengan baik. Karena fasilitas yang sudah dibangun oleh IPC/PT Pelindo II adalah merupakan modal utama untuk memberikan pelayanan terbaik dan kualitas pelayanan yang lebih baik.

“ Kami berharap kepada seluruh rekan-rekan Pandu agar terus meningkatkan pelayanan yang sudah bagus selama ini, kedepannya agar lebih baik lagi. Karena Pandu adalah sebagai duta negara yang pertama menghadapi orang asing,” tutupnya.

Saat Menggunting Pita Peresmian oleh Capt Hermanta

Peresmian dan syukuran renovasi gedung Kepanduan Tanjung Priok dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Kepala Kantor Kesyahbadaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt.Hermanta, Direktur Operasi IPC Prasetyadi dan Direktur Komersial IPC Arif Suhartono didampangi GM IPC Cabang Tanjung Priok Suparjo.

Acara tersebut ditutup dengan Doa dan mendengarkan Tausyah yang disampaikan Ustad Agus muslim dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim dari Yayasan Nurul Zahro dan Yayasan Babussalam.

Turut hadir dalam acara syukuran dan peresmian Gedung Kepanduan Cabang Pelabuhan Tanjung Priok dirangkai sekaligus pergantian Tahun 2019 ke Tahun baru 2020, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt.Hermanta, perwakilan dari Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Kepala Bea Cukai Tanjung Priok, Kepala Imigrasi Tanjung Priok, Panglima KOLINLAMIL, Kepala Kantor Kesehatan Kelas I Pelabuhan Tanjung Priok, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok dan Ketua DPP INSA diwakili Ketua Asosiasi DPC INSA Jaya Capt.Alimudin.

Selain itu, Ketua Asosasi Aptrindo DPD DKI Jakarta Mustadjad Susilo Basuki, Vice President (VP) Operasi IPC Pusat Capt.M.Iqbal, Dirut PT Jasa Armada Indonesia Chiefy Adi K, Direktur Tehnik PT Jasa Armada Indonesia Capt.Supardi, Direktur Operasi PT Multi Terminal Indonesia (MTI) David P Sirait, Direktur Keuangan dan SDM PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) Rahmat Prayogi, Direktur Operasi dan Tehnik IPC TPK Rizky Widhiono, Direktur Operasi PT Pelabuhan Tanjung Priok (IPC PTP) Rino Wisnu Putro dan DGM Operasi Cabang Tanjung Priok Budi Utoyo, DGM Kepanduan Cabang Tanjung Priok Capt.Teddy Gunawan, DGM Komersial Cabang Tanjung Priok Dimas Risky serta para staff IPC Cabang Tanjung Priok. (Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s