KARANTINA

BKIPM JAKARTA II : BERANGKATKAN 253 KONTAINER EKSPOR RAYA HASIL PERIKANAN DARI PELABUHAN SAMUDERA NIZAM ZACHMAN JAKARTA

Mimbar Maritim – Jakarta

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo secara serentak di 9 pelabuhan utama (pelabuhan ekspor) di Indonesia melepas ekspor raya hasil perikanan tahun 2019, yang dipusatkan di pelabuhan PT.Pelabuhan Indonesia III Terminal Petikemas Telok Lamong Surabaya – Jawa Timur, Jumat (22/11/2019).

Acara pelepasan ekspor ikan yang bekerjasama dengan eksportir (usaha pengelolaan ikan), Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan telekonferensi dengan masing – masing Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) dalam menyampaikan laporannya.

Kepala BKIPM Jakarta II Nandang Koswara dalam acara melepas ekspor raya hasil perikanan dari Pelabuhan  Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta, Jumat (22/11/2019) dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaran pelepasan ekspor raya hasil perikanan, dimana ekspor raya kali ini adalah ekpor raya yang kedua. Dimana  ekspor pertama waktu itu pelabuhan Tanjung Priok bertindak selaku tuan rumah.

Ia mengatakan ekspor raya yang dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2019 tersebut adalah ekspor raya yang pertama sekali dilaksanakan di lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan. “ Allamdulillah waktu itu, khusus untuk ekspor lewat BKIPM Jakarta II senilai Rp.453,- miliar,” ungkap Nandang.

Sedangkan ekspor raya kedua ini dipusatkan di Pelabuhan Teluk Lamong Surabaya Jawa timur, dikuti 9 pelabuhan utama melakukan ekspor dari seluruh Indonesia.“ Kami untuk hari ini sebagaian mensupport dari sisi data ekspor yang dilayani dan disertifikasi dari BKIPM Jakarata II. Walaupun kita tidak bertindak sebagai tuan rumah, namun dari segi pencapaian ekspor tersebut sangat luar biasa sekali,” ujarnya

Nandang Kosswara menjelaskan dalam kurun waktu sampai  dari tanggal 18 sampai 22 Nopember 2019 dapat di ekspor sebanyak 253 kontainer 6428 ton jika di nilai 58.400 juta USD atau setara dengan Rp.821,- miliar. Sedangkan 6 bulan lalu diekspor sebanyak Rp.432,- miliar. Angka tersebut merupakan angka pencapaian tertinggi  dari seluruh pelabuhan utama di Indonesia.

“ Tentunya sebagai Kepala BKIPM Jakarta II, tidak mungkin hal ini tercapai kalau tidak ada supporting dan kerja keras para pelaku usaha (eksportir) yang untuk meningkatkan ekspornya atau meningkatkan ekspor Indonesia ke seluruh dunia,” katanya.

Lebih lanjut Nandang menyampaikan terimakasih kepada para pelaku usaha (eksportir) yang sudah mengharumkan Indonesia, selama ini telah berusaha untuk meningkatkan ekspornya dan bagimana memperkenalkan produk-produk hasil perikanan Indonesia kepada dunia Internasional.

“ Hasil perikanan Indonesia hari ini akan di ekspor ke beberapa negara diantaranya Amerika,Italia, Inggris, Ferancia, China dan Vietnam. Kedepan kita akan tingkatkan kegiatan ekspor tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta Rahmat Irawan mengatakan acara pelepasan ekspor raya kali ini merupakan lonjakan ekspor ikan yang sangat luar biasa, karena ekspor ikan merupakan pendorong industri perikanan.

“ Kami dari Pelabuhan Samudera Nizam Zachman sangat mensupport, kedepan BKIPM kita berharap memiliki target ekspor ikan yang paling tinggi pencapaiannya di Muara Baru ini. Karena produksinya sudah sangat luar biasa, tentu harus di dorong peningkatannya,” ujar Rahmat Irawan.

Menurut Rahmat, tidak kalah pentingnya dengan industri yang sangat besar memberikan kontribusi kepada negara kita mendapatkan devisa paling signifikan yang pertama. Sedangkan yang kedua penyerapan tenaga kerja mencapai 52.000 orang bisa menggantungkan hidupnya di pelabuhan perikanan dari industri yang ada.

“ Kami sangat apresiasi dan terimakasih kepada pelaku usaha pemilik cold storage di pelabuhan perikanan Muara Baru, Saat ini di pelabuhan perikanan Muara Baru lebih kurang 102 perusahaan yang besar berusaha melakukan aktivitas eksportir selama ini telah memberikan sumbangan kepada negara ini, “ pungkasnya.

Acara pelepasan ekspor raya oleh BKIPM Jakarta II dihadiri instasi terkait dan para pelaku usaha dan stake holder Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta – Muara Baru Jakarta Utara.

Volume komoditi perikanan yang diekspor Jumat (22/11/2019) secara keseluruhan dari Indonesia mencapai 20.151 ton (34,7 persen hasil budidaya dan 65,3 persen hasil tangkap) dengan nilai USD137,6 juta atau setara Rp1,79 triliun. Hasil perikanan tersebut berasal dari 238 Usaha Pengelola Ikan (UPI) dengan jumlah 1.004 unit kontainer. 

Ekspor raya kali akan dikirim ke 43 negara dengan jenis – jenis komoditi rumput laut, tuna, tongkol, cakalang, rajungan, cumi, ikan terbang, surimi, kerang, kepiting, bawal, sidat, bekicot, paha kodok, kakap, kerapu, dan udang. (Ody-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s