MARITIM

DITJEN HUBLA FASILITASI PEMBERIAN SANTUNAN PELAUT YANG MENINGGAL DI PERAIRAN SINGAPURA


Mimbar Maritim – Tanjung Pinang


Dalam rangka pemenuhan hak atas pelaut yang meninggal ketika menjalankan tugas. Kementerian Perhubungan c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Atase Perhubungan KBRI Singapura memfasilitasi penyerahan santunan kepada keluarga pelaut yang meninggal karena serangan jantung di perairan Singapura.

“Hari ini saya dan tim dari perlindungan warga Indonesia baru saja berkesempatan memberikan santunan berupa asuransi kepada keluarga pelaut yang meninggal karena serangan jantung di atas kapal MV. STL H 10 saat melakukan kegiatan pengerukan di perairan Singapura,” kata atase Perhubungan KBRI Singapura Jon Kenedi dalam keterangan persnya saat memberikan santunan di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Tanjung Uban Kepulauan Riau, Rabu (20/11/2019).

Jon Kenedi mengungkapkan penyerahan asuransi atas nama Almarhum Sutrisno selaku pelaut yang meninggal diserahkan sejumlah $204.000,-. Adapun rincian dari jumlah tersebut diberikan kepada ahli waris yaitu istri sejumlah $122.400, anak pertama $30.600, anak kedua $30.600, Ibu $20.400. “Selain itu, putra almarhum juga mendapat asuransi sebesar $30.600 karena di bawah usia maka uangnya dicantumkan ke Ibunya dimana awalnya Ibunya mendapat $91.800,” kata Jon Kenedi.

Ia meminta agar para pelaut yang bekerja di kapal baik di Singapura ataupun di negara lain manapun agar melengkapi dokumen-dokumen yang sah.

“Termasuk kontrak kerja harus ada dan diketahui oleh pejabat Pemerintah. Selain itu, khusus Singapura agar melapor ke KBRI c.q. Atase Perhubungan dengan membawa kontrak kerja yang sudah ditandatangani oleh perusahaan dan pelaut. Untuk diketahui dan ditandatangani oleh Atase Perhubungan dan Asisten Atase Perhubungan,” tutur Jon Kenedi.

Penyerahan santuan tersebut sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2000 tentang Kepelautan yang menyatakan bahwa jika awak kapal meninggal dunia, pengusaha angkutan di perairan wajib membayar santunan. Dalam penyerahan santunan disaksikan langsung oleh Kepala UPP Kelas I Tanjung Uban Fakhrin Riza.(Ody – 01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s