Manajemen Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Tingkatkan Sinergi, Gelar Coffee Morning Bersama Dengan Awak Media

Mimbarmaritim.com (Tanjung Priok)

Dalam rangka meningkatkan sinergi dengan awak media, Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo Regional 2 Tanjung Priok melaksanakan program Acara Coffee Morning Bersama dengan awak media dari Forum Wartawan Maritim Indonesia (FORWAMI) bertempat di Priok Corner Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, hari ini Selasa (25/5/2024).

Acara yang dilaksanakan dengan suasana santai ini dipimpin langsung oleh Executive General Manager (EGM) Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Adi Sugiri, Senior Manager Komersial Chandra Irawan, Manager Komersial Gerry Guardiano dan Humas Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Muhammad Anwar, staff Pelindo Regional 2 Tanjung Prio sedangkan dari pihak media turut hadir Ketua FORWAMI Hoddy Sitanggang dan awak media lainnya.

Senior Manager (SM) Komersial Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Chandra Irawan mengawali Acara Coffee Morning dalam sambutannya sekaligus paparan menyampaikan terkait Rencana Induk Pelabuhan (RIP) yang telah disetujui melalui Keputusan Menteri Perhubungan (KM) No.11 Tahun 2024 tentang Rencana Induk Pelabuhan Tanjung Priok dan Marunda Terintegrasi.

“Khusus untuk Pelabuhan Tanjung Priok, ada beberapa point terkait terbit RIP yaitu Rencana Pengembangan meliputi : Penataan lahan daratan eksisting Pelabuhan, Pengembangan Terminal Kalibaru New Priok, Relokasi Terminal Penumpang Cruise, Roro ke Sunda Kelapa dan Relokasi Cargo dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke Pelabuhan Tanjung Priok. Untuk menyikapi seluruh rencana itu dengan tenggang waktu jangka pendek sejak Tahun ahun 2023 sampai dengan Tahun 2027,” terang Chandra.

Selain itu, lanjut Chandra, terkait informasi Pengembangan Terminal Kalibaru merupakan upaya PT Pelindo (Persero) untuk menjawab tantangan dan peluang Pelabuhan di masa depan, cita – cita ini tentu harus mendapat dukungan yang besar dari para pemangku kepentingan pelabuhan dan seluruh stakeholder Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sementara rencana Revitalisasi Infrastruktur Terminal Ex JICT 2, untuk saat ini telah dan sedang dikerjakan serta dilakukan perkuatan area dermaga maupun peninggian lapangan container serta pembangunan fasilitas penunjang lainnya agar terminal Ex JICT 2 dapat segera dioperasikan kembali. Pembangunan Ex JICT 2 diperkirakan selesai dalam kurung waktu selama 22 bulan dan revitalisasi terminal peruntukannya untuk melayani kapal domestik,” jelas Chandra.

Chandra juga mengungkapkan tak kalah pentingnya juga pembangunan infrastruktur jalan agar akses keluar masuk pelabuhan agar lebih lancar, seperti konektivitas jalan tol yang saling berhubungan ke arah Pelabuhan.

“Terkait digitalisasi Pelabuhan yang ditandai dengan di tambahnya sistem Auto Gate Pass di Pos 12 Sindang Laut. Untuk memperlancar arus kendaraan masuk pelabuhan yang selama ini pelayanannya masih secara manual,” tambah Chandra.

Usai pemaparan terkait RIP Tanjung Priok dan Marunda Terintegrasi, Acara Coffee Morning ini juga diselingi dengan sesi tanya jawab seputar paparan yang disampaikan terkait RIP oleh awak media.

Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Adi Sugiri saat menutup Acara Coffee Morning dalam sambutannya menyampaikan, tentu dengan adanya agenda Coffee Morning seperti ini diharapkan sinergi kolaboratif antara Pelindo Regional 2 Tanjung Priok dengan rekan media bisa terjalin dengan baik.

“Kami berharap melalui sinergitas dengan rekan-rekan media dapat mendukung publikasi terkait hal – hal positif atas rencana pengembangan pelabuhan dan operasional kepelabuhanan yang dilaksanakan Pelindo untuk kemajuan Pelabuhan khususnya di Tanjung Priok,” tutupnya.(Red-MM).

Tinggalkan komentar