Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Gelar Acara Pengantar Tugas Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok

Mimbarmaritim.com (Jakarta)

Bertempat di Grand Mercure Hotel, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023)malam. Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok menyelenggarakan acara Pengantar Tugas Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Dr.Capt. Wisnu Handoko, M.Sc yang saat ini mendapat tugas baru menjabat sebagai Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Medan – Sumatera Utara. 

Turut hadir dalam acara Pengantar Tugas Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko dan menyambut kedatangan pejabat baru Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Subagyo. 

Diantaranya perwakilan Walikota Jakarta Utara, Panglima Kolinlamil diwakili Aspotmar Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, perwakilan Korpolairud Baharkam Polri, Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok Andi Hartono, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Raymond Sianturi, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok Hasrul, perwakilan Kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta II Edi, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Tanjung Priok Hery Saputra, Kepala Kantor Imigrasi TPI Kelas I Tanjung Priok Abdi Widodo Subagio.

Plt Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Kompol Yunita, S.IK, Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok Triono, Kepala Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran ( BTKP) Gigih Retnowati, Kepala Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Widi Supriyanto, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Marunda Pactrik Pardede, perwakilan Kantor KSOP Kelas IV Pulau Seribu Elyas,  Kepala Kantor KSOP Kelas IV Muara Angke Agus Harjanto, Head Regional II Pelindo Tanjung Priok Guna Mulyana, General Manager PT Pelindo (Persero) Regional II Tanjung Priok M.Hadi Syafitri Noor, perwakilan PT Jakarta International Container Terminal (JICT), General Manager KSO TPK Koja Indra Sani Hidayat, Direktur Utama IPC Terminal Petikemas (TPK) David P Sirait.

Perwakilan Mustika Alam Lestari (MAL) Tresna Sipayung, Direktur Utama PT. Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) Rino W Putro, Corporate Secretary PT. Multi Terminal Indonesia (MTI) Sucahyo, perwakilan PT. PBM Adipurusa, Direktur PT. Graha Segara Roy Rayadi, DPW INSA Jaya Capt Alimuddin, Ketua ALFI/ILFA DKI Jakarta Adil Karim, Ketua Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA), Ketua DPW DKI Jakarta APBMI Suwondo Dan Sekretaris DPW APBMI Erwan Mulyana, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) Gemilang Tarigan, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kelapa Gading Erfan Kurniawan, Sekretaris Klub Logindo DPD DKI Jakarta Wiwik Kaltiminasih, Sekretaris Koperasi TKBM Karya Sejahtera Tanjung Priok Haji Parmin, jajaran pejabat dan staf Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

Capt Wisnu Handoko dalam sambutannya menceritakan pelabuhan Tanjung Priok adalah tempatnya bertugas operasional yang pertama sekali dialaminya menjabat sebagai Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok dan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Karena sebelumnya bertugas di pelabuhan Tanjung Priok menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Capt Wisnu Handoko selama bertugas sebagai Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok berbagai capaian dan inovasi yang telah dilakukan yakni Single Truck Identification Data (STID) , System Monitoring (SIMON) TKBM, Single Submission (SSM) Pengangkut, Tata Kelola Manajemen Limbah Terpadu, rencana Terminal Booking System (TBS) di Tanjung Priok, sampai dengan capaian anggaran dan pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Ia menyebutkan salah satu pengalaman yang tidak bisa dilupakan dan berkesan adalah pada saat penanganan masa pamdemi Covid-19 sangat merasakan kebersamaan, kolaborasi dan saling mengisi seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder pelabuhan Tanjung Priok. 

“Baik itu dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok, Kolinlamil dan instansi terkait lainnya dalam memberikan pelayanan vaksin kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pemangku kepentingan di pelabuhan Tanjung Priok atas dukungan selama bertugas sebagai Kepala Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok dan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

“Saya mendapat amanah bertugas sebagai Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama di Belawan Medan, meskipun jauh disana tentu saya akan tetap minta bantuan arahan dari Bapak/Ibu sekalian. Untuk memberi masukan jika ada masalah di pelabuhan Belawan, bagaimana untuk menyelesaikan dan mengatasi,” pungkas Capt Wisnu.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Subagiyo dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya mengaku tidak asing lagi dengan pelabuhanTanjung Priok. Karena dulu memiliki pengalaman pernah bekerja di salah satu galangan kapal di Tanjung Priok.

Subagiyo mengungkapkan dirinya menjabat sebagai Direktur Kepelabuhanan di Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, lamanya hampir tiga setengah tahun.

“Saat ini, diberikan amanah dari pimpinan menjadi Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, saya akan meneruskan seluruh program yang sudah dilakukan Bapak Capt Wisnu Handoko sebagai pendahulu saya. Kami akan tetap meneruskan program yang sudah berjalan dengan baik, namun yang masih kurang akan diperbaiki,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Syahbandar Tanjung Priok Andi Hartono dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Bapak Capt Wisnu Handoko  mendapat amanah bertugas tempat baru sebagai Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Pelabuhan Belawan Medan dan selamat datang kepada Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok yang baru  Bapak Subagyo.

Andi Hartono mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan dan memperbaiki Standar Operasi Pelayanan (SOP) di pelabuhan Tanjung Priok, terutama di bidang pemanduan dan penundaan kapal serta inovasi pelayanan terhadap pengguna jasa kepelabuhanan.

” Kita minta kepada semua pihak pemangku kepentingan dan stakeholder di pelabuhan Tanjung Priok agar terus bersinergi, kerjasama, berkoordinasi dan kolaborasi untuk dapat memajukan pelabuhan Tanjung Priok kedepan seperti yang kita harapkan bersama,” terang Andi Hartono.

Head Pelindo Regional 2 Guna Mulyana pada kesempatan yang sama dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok lama Bapak Capt Wisnu Handoko yang semala ini telah banyak berupaya dan mendukung demi kemajuan Pelabuhan Tanjung Priok.

Guna mengungkapkan masih ingat masa pamdemi Covid-19 ada isunya waktu itu Pelabuhan Tanjung Priok ditutup. “Tetapi Alhamdulillah..atas dukungan dari banyak pihak, pelabuhan Tanjung Priok bisa berjalan lancar dengan baik hingga saat ini,” ujar Guna.

Ia mengatakan setelah masa pamdemi Covid-19 berakhir, kita sangat merasakan seluruh instansi di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok menjadi kompak dan terus koordinasi dalam mengatasi segala permasalahan yang terjadi di pelabuhan Tanjung Priok.

“Kita berharap apa yang sudah berjalan dengan baik di pelabuhan Tanjung Priok dapat kita diteruskan bersama. Namun saat ini ada tantangan baru kedepan yang harus dilakukan Bapak Subagyo sebagai Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok yaitu Penilaian dari Program Stranas PK bahwa Pelabuhan Tanjung Priok masih Raport Merah,” kata Guna.

Selain itu, lanjut Guna, salah satu yang sering terjadi adalah kemacetan dalam pelabuhan Tanjung Priok hal ini menjadi PR yang mesti dipikirkan  kedepannya.

 “ Kita melihat masih banyak lagi permasalahan yang menjadi program Bapak Capt Wisnu yang belum tuntas. Hal ini, juga harus dipikirkan dan dilanjutkan Bapak Subagyo. Tapi kita  harus yakin, Insyaallah …segala masalah yang ada mari kita selesaikan bersama – sama,” pungkas Guna Mulyana.

Usai acara kata sambutan  dilanjutkan pembacaan Doa, pemberian cendra mata, dan foto bersama diakhiri dengan ramah tamah seluruh undangan yang hadir.(MM -01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s