Ditjen Hubla Gelar Apel Siaga Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru 2022/2023 Di Pelabuhan Tanjung Priok

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok dan Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan Apel Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru 2022/2023 yang digelar di Dermaga Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, hari ini Minggu (18/12/2022).

Apel Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru 2022/2023 diikuti 150 personel melibatkan instansi terkait di pelabuhan Tanjung Priok dan bertindak sebagai Pemimpin Ucapara Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Dr.Capt Wisnu Handoko M.Sc.

Turut hadir dalam kegiatan Apel Kesiapan Angkutan Laut Nataru 2022/2023 ini diantaranya Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok, Andi Hartono dan Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko,  perwakilan dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Tanjung Priok, Kolinlamil, Lantamal lll, Polair Polda Metro Jaya, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Imigrasi TPI Kelas I Tanjung Priok, Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tanjung Priok, Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Kantor Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, Kantor BMKG, PT Pelni (Persero) Cabang Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Tanjung Priok, Dishub, Basarnas, PFSO/PMK Tanjung Priok, Koperasi TKBM dan pihak terkait lainnya.

Dalam amanah Direktur Jenderal Perhubungan Laut melalui Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan Apel Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru 2022/2023 ini dilaksanakan adalah untuk memantapkan koordinasi antar petugas dan instansi terkait, para penyedia jasa, maupun asosiasi yg terlibat langsung dalam kegiatan angkutan Nataru 2022/2023. Sehingga seluruh kegiatan dan pelaksanaan pelayanan dapat berjalan tertib aman dan nyaman.

“Kita menyadari pengalaman masa pandemi Covid-19 yang terjadi tiga tahun terakhir ini, telah banyak berdampak terhadap berbagai sektor. Hal ini kita jadikan sebagai pembelajaran supaya tidak terulang lagi. Namun kita jangan lengah, tetap hindari kerumunan, sediakan tempat pemeriksaan tes, vaksin dan ruang isolasi di pelabuhan, kita harus tetap bersatu padu, dan bekerja sama untuk melakukan upaya yang bisa membuat kasus Covid-19 lebih turun lagi dari yang sekarang,” jelas Capt Wisnu.

“Tugas ini tidak mudah, namun akan menjadi amalan untuk bekal kita kelak, untuk itu kita harus bersinergi dan bekerja sama dengan instansi-instansi yang terkait dilingkungan pelabuhan Tanjung Priok,” lanjutnya.

Capt Wisnu mengharapkan agar  para petugas yang bertugas di lapangan dapat memberi pelayanan yang optimal, mampu menghindarkan diri dari perbuatan yang arogan dan perilaku tidak terpuji, memberikan pengawasan yang sungguh-sungguh atas keselamatan perjalanan para penumpang, dan menindak tegas jika terjadi pelanggaran.

“Tetap diutamakan kenyamanan dan keselamatan penumpang, hindari praktek penjualan tiket melalui calo yang tidak jelas dan hindari penelantaran para penumpang,” tegas Capt Wisnu.

Lebih lanjut, Capt Wisnu menyampaikan diharapkan agar para petugas di lapangan harus lebih sering memberikan sosialisasi kepada masyarakat, sesama petugas harus saling menjaga hubungan baik agar tetap harmonis untuk memperlancar kerjasama saat bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memperlancar perjalanan angkutan laut.

Ia menyebutkan Pelayanan Posko Terpadu akan dijadikan pusat informasi terkait Angkutan Laut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, yang akan resmi dibuka dan dimulai sejak hari ini Minggu tanggal 18 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

“Kolaborasi dengan seluruh instansi terkait harus lebih ditingkatkan, diharapkan para pemangku kepentingan di sektor  pelayaran agar mengawal keselamatan dengan baik. Salah satu yakni selalu memperhatikan prakiraan cuaca dan peringatan dini dari pihak BMKG,” ujarnya.

Selain itu, tegas Capt Wisnu, diharapkan seluruh personel yang bertugas kerjasama dengan pihak Polri dan TNI menjaga keamanan dan seluruh jajaran Ditjen Perhubungan Laut, Untuk tetap bersama-sama menjaga kelancaran arus penumpang dan barang di pelabuhan pada masa Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Capt Wisnu mengungkapkan bersamaan dengan penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru ini, kita akan terus dilakukan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut melalui Posko Terpadu Angkutan Laut Nataru 2022/2023, yang dimulai sejak hari ini, Minggu tanggal 18 Desember 2022 sampai tanggal 8 Januari 2023. 

Ditambahkan, pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut dilakukan melalui Posko Terpadu. Seluruh kegiatan dan tugas yang terkait dengan kegiatan pemantauan dan pengendalian tetap di bawah Koordinasi Posko Terpadu.

“Kami menyampaikan selamat bertugas dan selamat berjuang, tetap perhatikan protokol kesehatan, yakinlah bahwa dengan melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh segenap hati tentu akan memberikan  kemudahan bagi kita semua dalam melaksanakan tugas khususnya di wilayah kerja pelabuhan Tanjung Priok. Semoga kita selalu diberikan kesabaran dan keikhlasan, Tuhan YME senantiasa melimpahkan petunjuk kepada kita semua dalam melaksanakan tugas yang mulia ini,” pungkas Capt Wisnu. 

Apel Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru 2022/2023 secara resmi dimulai dan dibuka, pada kesempatan itu ditandai dengan penyematan pita kepada seluruh personel yang bertugas oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s