KSOP Kelas IV Bakauheni : Usahakan Keselamatan Dan Kenyamanan Dalam Pelayaran Angkutan Laut Nataru 2022/2023

Mimbarmaritim.com – Bakauheni

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Bakauheni – Lampung mengadakan rapat bertempat di ruang rapat gedung KSOP Kelas IV Bakauheni, Senin (12/12/2022), Terkait undangan rapat pembahasan keselamatan dan keamanan pelayaran dalam rangka persiapan angkutan Nataru tahun 2022/2023.


Kepala kantor KSOP Kelas IV Bakauheni Capt. Tommy Aronda, M.Si, M.Mar, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pemahaman dan pengetahuan terkait penting nya keselamatan dan keamanan pelayaran kepada para pemilik, operator kapal penumpang di wilayah kerja Kantor KSOP Kelas IV Bakauheni.

” Dalam Angkutan Nataru 2022/2023 saat ini bahwa jumlah armada kapal yang ada sebanyak 71 kapal. Dimana sebanyak 66 kapal siap melayani selama Nataru dan 5 kapal lagi masih dalam proses perbaikan di galangan,”sebut Capt Tommy.

Cap Tommy, pada kesempatan itu mengharapkan agar para pemilik, operator kapal penumpang mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku dalam mengatur keselamatan dan keamanan pelayaran kapal penyeberangan diwilayah kerja kantor Ksop kelas IV Bakauheni.

“Kami mengajak seluruh instansi dan stake holder terkait baik itu BPTD wilayah VI Bengkulu dan Lampung, Kantor Kesehatan Pelabuhan Bakauheni,Gapasdap, INFA dan operator kapal di wilayah Bakauheuni untuk berkolaborasi dan bersinergi terkait tugas dan fungsi masing masing. Untuk terciptanya kesuksesan dan kelancaran terselenggaranya transportasi penyeberangan dalam menghadapi Nataru tahun 2022/ 2023 yang merupakan moda transportasi cukup banyak dipergunakan dilapisan masyarakat dan menjadi salah satu transportasi yang banyak mengangkut para penumpang yang akan melakukan perjalanan libur dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2022/2023 baik dari pulau Jawa maupun dari Pulau Sumatera,” tuturnya.

Capt Tommy menambahkan Dengan demikian agar seluruh pengguna transportasi penyeberangan tetap memperhatikan protokol kesehatan .

Selain itu, lanjut Capt Tommy untuk memastikan kapal penumpang laik laut, Kantor KSOP Kelas IV Bakauheni telah melaksanakan uji petik sesuai edaran Dirjen untuk memastikan kesiapan kapal demi keamanan dan kenyamanan bagi pengguna transportasi penyeberangan.

Ia menjelaskan Terkait kapal – kapal angkutan penyeberangan yang akan berlayar diminta mempersiapkan armada cadangannya, kru kapal agar selalu siap melayani kegiatan penyeberangan kapal dimasa Nataru, kru kapal agar selalu mengecek penumpang yang masih berada didalam kendaraan untuk tidak tinggal di dalam kendaraan selama proses pelayaran, protokol kesehatan agar diperhatikan kembali selama dalam pelayaran, manifest diatas kapal agar disesuaikan dengan kapasitas kapal dan selalu memonitor berita dari BMKG terkait antisipasi cuaca

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir saat ini,” tutup Capt Tommy.(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s