Didik Generasi Muda Cinta Bahari, Kasal Lepas Sailing Camp

Mimbarmaritim.com – Jakarta

KRI Teluk Palu-523 kembali mendapatkan kehormatan membawa generasi muda untuk melaksanakan kegiatan Sailing Camp yang secara resmi dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dari Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (9/12/2022).

Sailing Camp ini merupakan kegiatan pelayaran dan perkemahan Bakti Saka Bahari (Pertisaka Bahari) yang digelar di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu Jakarta Utara dari tanggal 9 – 11 Desember 2022.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 300 peserta yang merupakan Pramuka Saka Bahari binaan Koarmada, Lantamal hingga Lanal yang ada di seluruh Indonesia serta sejumlah organisasi kepemudaan. Selama tiga hari para pemuda mengikuti pelayaran dengan KRI TLU-523 dan dilanjutkan dengan perkemahan di Pulau Sebaru.

Selama pelayaran peserta akan mendapatkan sejumlah materi antara lain sosialisasi peran dan tugas pengawak KRI, warship tour, Peran dan Tugas TNI AL, Fashion Show seragam TNI AL, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Bahaya Narkoba, hingga Latihan PBB yang kesemuanya itu bertujuan untuk membangun wawasan kebangsaan, peduli lingkungan dan cinta bahari bagi seluruh peserta.

Kasal dalam sambutannya saat upacara pelepasan menyampaikan bahwa kegiatan Sailing Camp yang diikuti oleh Pertisaka Bahari tahun 2022 digelar guna menumbuhkan cinta tanah air dan semangat cinta bahari.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai cerminan konsistensi TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pembinaan generasi muda “National Character Building” dalam wadah kepramukaan yang berorientasi kebaharian.

“Kegiatan ini tentunya dilaksanakan di laut dan di pulau untuk mengenalkan kepada generasi penerus supaya dari awal mereka mengenal kebaharian dan maritim. Kita kenalkan kepada mereka mengenai kemaritiman sehingga mereka tahu laut dan pulau yang kita miliki ini,” ujar Kasal.

Dalam persiapannya sebelum melaksanakan pelayaran, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi memastikan kesiapan KRI TLU-523 dengan menyampaikan beberapa instruksi kepada Komandan KRI TLU-523 Letkol Laut (P) Siswandony agar selalu mengutamakan keselamatan personel dan materiil dalam setiap kegiatan.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah melayani seluruh personel yang on bord dengan menyiapkan akomodasi dan dukungan logistik dengan baik. Buat kesan yang baik kepada seluruh peserta Sailing Camp,” pesannya. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s