Volume Kendaraan Meningkat 20 Persen, Dampak Penerapan Auto Gate Pass System Di Pelabuhan Sunda Kelapa

Auto Gate Pass System Di Pelabuhan Sunda Kelapa

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Pasca merger PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / PT Pelindo mendorong dalam mendorong kinerja pelayanan melalui PT Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa menjadi lebih optimal. Salah satu adalah implementasi program digitalisasi layanan kepelabuhanan telah menerapkan Auto Gate Pass System yang sudah go live sejak tanggal 1 Juli 2022 lalu.

“Dimana volume kendaraan yang tercatat sebelum implemetasi Gate Pass System atau masih secara manual dengan produksi terbesar per harinya sebanyak 2.300 unit kendaraan per hari, mengalami peningkatan menjadi 2.900 unit kendaraan per hari,” ujar General Manager Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa Kurnia Jaya melalui keterangan persnya diterima Mimbar Maritim, hari ini Sabtu (1/10/2022).

Kurnia Jaya menyebutkan peningkatan tersebut terjadi secara langsung untuk hari pertama Implementasi Gate Pass System dan menunjukan kenaikan positif sebesar 20% terhadap pencatatan volume kendaraan berbanding dengan hari sebelum Go Live Gate Pass System dimana kenaikan tersebut belum terhitung dalam 1 (satu) bulan.

” Pelabuhan Sunda Kelapa yang dikenal sebagai Pelabuhan Tradisional dan Pariwisata dengan ciri khas Kapal Phinisi, kini sudah melakukan moderenisasi melalui program digitalisasi Implementasi Auto Gate Pass System,” ungkap Kurnia Jaya.

Menurut dia, saat ini masuk pelabuhan Sunda Kelapa bahwa pembayaran akses atau pas pelabuhan bagi para pengguna jasa yang memasuki Pelabuhan Sunda Kelapa tidak lagi menggunakan uang tunai, cukup dengan menggunakan kartu uang elektronik.

Selain itu, lanjut Kurnia Jaya, bagi para pengguna jasa yang telah memiliki kartu pelanggan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Sunda Kelapa dapat menggunakannya pada gerbang masuk pelabuhan Sunda Kelapa.

Kurnia Jaya menjelaskan dengan adanya penerapan Auto Gate Pass System ini, volume kendaraan yang masuk ke Pelabuhan akan lebih mudah dikontrol dan jumlah kendaraan tercatat secara aktual. Karena sangat berbeda dengan kondisi sebelumnya dilakukan secara manual menggunakan tiket, sangat rentan terhadap kesalahan dalam laporan dan pencatatan jumlah kendaraan.

” Selain itu, Auto Gate Pass System ini dapat mempercepat dalam proses transaksi, sehingga tidak timbul antrian kendaraan,” katanya.

Kurnia Jaya menambahkan, implementasi Auto Gate Pass System Pelindo Regional 2 Sunda Kelapa merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi berbasis IT dan peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa dalam mendukung peningkatan pelayanan di era digital.

” Dengan dilaksanakannya Implementasi Auto Gate Pass System di pelabuhan Sunda Kelapa, dapat berupaya mencegah terjadinya tindakan pungutan liar (pungli),” tutup Kurnia Jaya. ( Red – MM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s