Kolinlamil Gelar Upacara Parade, Peringati Puncak HUT Ke – 77 TNI AL

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, Komando Lintas Laut Militer menggelar upacara parade yang dipimpin oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agus Hariadi di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/9/2022).

Puncak peringatan HUT TNI AL tahun 2022 itu sendiri dilaksanakan terpusat di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan upacara parade dan defile dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan dihadiri para mantan Kasal dari masa ke masa, pejabat utama Mabesal serta Pimpinan Kotama wilayah Jakarta.

Peringatan HUT TNI AL tahun ini mengusung tema “TNI AL yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mensukseskan Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Staf Kolinlamil saat memimpin upacara parade di Mako Kolinlamil, Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan bahwa sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut pada Negara Kesatuan Republik Indonesia telah terukir dengan tinta emas sejak lahirnya bangsa Indonesia 77 tahun silam.

Selama itu pula, lanjut Kasal, TNI AL selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Torehan tinta pengabdian TNI AL tidak berhenti sampai disitu.

Saat ibukota Jakarta membara dilanda kerusuhan massa tahun 1998, TNI AL hadir meredam para demostran secara humanis. Ketika KM Sinar Kudus dibajak di Somalia, TNI AL sigap dan tanggap membebaskan para sandera. Ketika bangsa ini dilanda wabah Covid-19, TNI AL bergerak ke seluruh penjuru negeri mengatasi pandemi.

Ke depan, kata Kasal, tantangan yang dihadapi bangsa ini tidak akan semakin mudah. Kita membutuhkan sumber daya manusia, prajurit yang menguasai keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus berbudi pekerti luhur dan berkaraker kuat. Prajurit yang berani berinovasi untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

” Untuk itu, TNI AL selalu berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam bentuk profesionalisme prajurit untuk menyiapkan para pengawak kekuatan Angkatan Laut ke depan, karena tuntutan keunggulan sumber daya manusia ini adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar,” tegas Kasal. (Red-MM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s