Ditjen Hubla : Luncurkan NADI WORLD, Inovasi Penyelenggaraan Pelayanan

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus memacu inovasi berbasis teknologi dan digital di bidang pelayanan guna mengimbangi perkembangan yang kian pesat dan implementasi Hospitable Spirit. Inovasi yang kali ini digulirkan adalah program Navigation in Digital World (NADIWORLD) yang resmi diluncurkan di Jakarta, hari ini, Selasa (24/5/2022).

Hospitable spirit merupakan hasil buah pemikiran bersama yang dirumuskan oleh para duta pelayanan publik di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang memiliki makna jiwa yang melayani dengan hati, ramah, hangat, bersahabat, melalui penerapan Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun (5S) secara konsisten.

Program ini bertujuan agar segenap jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut baik di Kantor Pusat maupun di seluruh Unit Pelaksana Tugas (UPT) di daerah dapat terus meningkatkan pelayanan publik yang prima sebagai wujud nyata kita dalam memenuhi sasaran reformasi birokrasi.

“Oleh karena itu Nadiworld ini lahir seiring dengan semangat hospitable spirit dan kebijakan pemerintah dalam menyikapi perkembangan teknologi digital serta perkembangan globalisasi dan terus berbenah melakukan peningkatan-peningkatan dalam penyelenggaraan tugas fungsi serta pelayanan publik,” demikian disampaikan Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan dalam sambutannya saat membuka acara peluncuran Nadiworld, di Jakarta, hari ini, Selasa (24/5/2022).

Hengki mengatakan Nadiworld yang digagas oleh Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Tanjung Priok merupakan salah satu inovasi di bidang kenavigasian yang bertujuan untuk mengawal keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Raymond Sianturi menjelaskan pemanfaatan teknologi digital, pada sejumlah sistem dan aplikasi, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok meningkatkan kewaspadaan, kemanfaatan data dan informasi yang dikelola dalam pengoperasian Stasiun Radio Pantai dan Stasiun VTS.

“Nadiworld ini juga dapat memudahkan pelaksanaan pelaporan, monitoring kinerja, dan kecepatan respon dalam penyelenggaraan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran serta pelayanan Telekomunikasi Pelayaran khususnya yang berimplikasi pada Penerimaan Negara Bukan Pajak,” ujar Raymond.
 
Menurut Raymond, peningkatan pelayanan ini akan terus bergulir. Pengembangan dan penyempurnaan sistem pun dilaksanakan secara konsisten seiring dengan perkembangan maupun kebutuhan pelayanan.

Raymond menegaskan, inovasi ini merupakan buah dari semangat yang merasuk dalam URAT NADI Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok dan seluruh jajarannya, yang bersama-sama terus meningkatkan ragam maupun kualitas pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Hal ini direpresentasikan dengan deklarasi Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok yang menyatakan Untuk Rakyat Navigasi Digital Kupersembahkan, URATNADIKU,” katanya.
 
Dijelaskannya, upaya-upaya ini semua dilakukan untuk masyarakat khususnya masyarakat maritim dan dunia pelayaran. Manfaat maksimal dari sistem dan pelayanan yang disiapkan oleh pemerintah melalui Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok hanya dapat dicapai melalui komitmen bersama.

Penyediaan Sistem dan Infrastruktur akan berhasil guna dengan  adanya pemanfaatannya efektif yang harus ditunjang pula dengan komitmen para pemangku kepentingan dan pengguna jasa dalam memenuhi standar dan ketentuan nasional maupun internasional di bidang kenavigasian antara lain dalam aspek :
1. Kelengkapan dan aktivasi perangkat Autaomatic Identification System (AIS) di atas kapal
2. Kelengkapan dan berfungsinya perangkat Radio Nautika di atas kapal
3. Tertib pelaksanaan Telekomunikasi Pelayaran dan Pelaporan Kapal melalui Stasiun Radio Pantai dan Stasiun VTS
4. Tertib pelaksanaan pemeliharaan, pemantauan dan pelaporan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran
5. serta dalam berbagai aspek terkait lainnya.
 
“Kami yakin, melalui kebersamaan, kolaborasi dan kimitment semua pihak, digitalisasi di bidang pelayanan kenavigasian akan memberi manfaat yang besar bagi kepentingan publik dan kepentingan negara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Raymond menjelaskan seiring dengan semangat Hospitable Spirit, Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok terus menggulirkan perubahan-perubahan dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas dan akuntabilitas pelaksanaan tugas dan fungsi, serta pelayanan publik. Semangat tersebut diperkuat melalui pencanangan PROMOAKSI sebagai Core-Value Pelayanan Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok. PROMOAKSI sendiri merupakan abreviasi Profesional, Modern, Akuntabel dan Bersih Melayani.
 
“Core-Value Pelayanan ini akan menjadi modalitas yang kuat dalam mewujudkan Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok sebagai Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Profesionalisme, modernisasi dan akuntabilitas pelayanan terus didorong melalui penguatan di berbagai aspek seperti Sistem Manajemen Mutu, Sistem Manajemen Anti Penyuapan, dan Penguatan Tata Kelola,”pungkasnya.
 
Tentang NADIWORLD

NADIWORLD atau Navigation in Digital World adalah Penerapan Teknologi Informasi di Bidang Kenavigasian demi mendukung Keselamatan Pelayaran. NADIWORLD 2022 ini merupakan rangkaian pertama dari komitmen Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok dalam membangkitkan semangat pelayanan publik yang berorientasi kepada masyarakat khususnya masyarakat maritim dengan penerapan Teknologi Informasi.(MM-01).
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s