Prajurit Kolinlamil Sangat Antusias Berlatih Operasikan Drone

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Hari kedua latihan fungsi penerangan Dinas Penerangan Kolinlamil, para peserta melaksanakan praktek menggunakan Drone Dji 2 Zoom di area dermaga base plate dan lapangan apel M. Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (19/4/2022)

Para peserta dibagi dalam 2 kelompok, masing-masing kelompok mengoperasikan 1 Drone dan dipandu oleh instruktur dari Dispen Kolinlamil yaitu Sertu NAV Sahroji Mukti dan Serda LIS Ari Wibowo. Dalam latihan praktek tersebut diajarkan cara menerbangkan dan mengendalikan drone. Para peserta secara bergantian mencoba kemampuan Drone yang dapat dipasangi beberapa macam sensor, seperti kamera biasa hingga kamera infra-red, sensor panas, dan night vision yang nantinya digunakan untuk pengambilan video di malam hari.

Kadispen Kolinlamil Kolonel Laut (P) M. Yunianto menjelaskan praktek pengoperasian Drone menjadi bagian yang ditunggu-tunggu para peserta. Selain merasakan sensasinya menerbangkan dan mengendalikan drone, para peserta bisa melihat secara langsung situasi di sekitarnya dari udara. Seolah-olah naik helly dan melihat dunia dari ketinggian.

“Para peserta tidak hanya dibekali pengetahuan untuk menerbangkan Drone secara manual menggunakan remote control, mereka juga kita ajari teknik menerbangkan Drone secara autopilot. Selain itu para peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang cara mengatasi permasalahan atau kerusakan ringan pada Drone, mulai dari bongkar pasang hingga mengganti suku cadang,” tandas Kadispen Kolinlamil

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma memberikan penekanan kepada satuan kerja atau pejabat penyelenggara latihan untuk memaksimalkan kegiatan latihan dengan praktek lapangan guna mengaplikasikan materi atau teori yang telah disampaikan di kelas. Dengan latihan praktek maka para peserta latihan akan memiliki gambaran situasi sesungguhnya di lapangan.

“Perpaduan teori dan praktek akan memberikan pengetahuan yang kompleks bagi peserta latihan dan hal tersebut adalah upaya untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional. Sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, kita harus senantiasa membangun sumber daya manusia TNI AL melalui berbagai latihan dan berlanjut dan berkesinambungan,” tegas Panglima Kolinlamil. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s