Sinergitas Dan Interoperabilitas Bidang Teknologi Informasi, Komunikasi, Elektronika Dan Kesenjataan Menjadi Topik Utama Dalam Rakor Komplek TNI AL 2022

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Askomlek Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana mengikuti rapat koordinasi komunikasi dan elektronika TNI AL secara tatap muka di Gedung Neptunus, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (6/4). Rakor tersebut juga dilaksanakan dengan menggunakan metode video conference yang melibatkan pejabat bidang komlek diantaranya Askomlek Koarmada II dan III, Kadiskomlek, Kadisinfolahta, Kasubdisharsewako Disharkap Kotama.

Rakor Komlek TNI AL tahun 2022 ini mengambil tema “Meningkatkan Sinergitas dan Interoperabilitas bidang Teknologi Informasi, Komunikasi, Elektronika dan Kesenjataan yang Profesional, Modern dan Tangguh. Komlek TNI AL siap melaksanakan tugas dalam rangka mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural.”

Dalam sambutannya, Asisten Komunikasi dan Elektronika Kasal Laksda TNI ING. Sudihartawan menyampaikan bahwa pengambilan tema Rakor Komlek tahun 2022 dilandasi oleh upaya-upaya Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural. Tema tersebut menjadikan sinergitas dan interoperability harus menjadi pertimbangan utama dalam melaksanakan pembangunan kekuatan bidang komlek yaitu sistem komando, kendali, komunikasi, komputer, intelijen, pengintaian dan pengamatan (K4IPP) guna mencapai sistem peperangan berbasis jaringan-sentris yang diharapkan.

Lebih lanjut disampaikan, melalui Rakor Komlek ini diharapkan jajaran komlek TNI AL dapat merubah diri menjadi suatu organisasi yang lebih profesional, modern dan tangguh di mana kebijakan Pimpinan TNI maupun TNI AL di bidang komlek dapat dijabarkan secara lebih komprehensif dan berkesinambungan.

Sebelum Rakor Komlek ditutup, Askomlek Kasal menyampaikan beberapa bagai penekanan diantaranya adalah dengan adanya refocusing anggaran maka setiap kegiatan yang diajukan harus terukur dan disertai dengan referensi jelas dan komprehensif, pembentukan Dissenlek Kotama, keseriusan dalam melaksanakan latihan yang terprogram dan bank data hasil sadapan frekuensi serta pembangunan penguatan sistem informasi dan siber guna mencegah kebocoran data maupun berita yang dapat merugikan TNI AL.

Selain memberikan penekanannya, Askomlek Kasal juga menyampaikan prioritas pembangunan di bidang komlek tahun 2022 yaitu interoperability bidang komlek guna terwujudnya Network Centric Warfare, pembangunan sistem informasi TNI AL secara terintegrasi dan pembangunan jaring komando dan pengendalian yang handal di satuan-satuan operasi, khususnya KRI. Prioritas pembangunan tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang Komlek TNI AL.

Sementara itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma telah menyampaikan instruksinya untuk para personel dan pengawak komlek agar selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat. Pahami dan banyak belajar serta selalu meningkatkan kemampuan individu dan organisasi demi keberhasilan pelaksanaan tugas TNI AL. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s