Panglima Kolinlamil Pimpin Acara Tradisi Kenaikan Pangkat Prajurit Kolinlamil

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma memimpin langsung acara tradisi kenaikan pangkat prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Kolinlamil periode waktu 1 April 2022 di lapangan Mulyono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta Utara, Jumat (1/4/2022)

Secara keseluruhan terdapat 157 prajurit yang mendapat anugerah kenaikan pangkat 1 tingkat lebih tinggi dari pangkat lama baik pada strata Perwira, Bintara dan Tamtama. Sedangkan untuk PNS Kolinlamil terdapat 6 personel.

Dalam amanatnya, Panglima Kolinlamil mengucapkan selamat atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemimpin sehingga berhak dan layak untuk mengenakan tanda pangkat 1 tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya.

Panglima Kolinlamil juga menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS Kolinlamil yang naik pangkat agar kepercayaan yang telah diberikan Pemimpin harus ditindaklanjuti dengan peningkatan kinerja di satuan kerjanya masing-masing.

“Dengan pangkat yang baru tentunya diharapkan ada perubahan dalam kinerjanya, apalah arti naik pangkat bila tidak diikuti dengan peningkatan kinerja yang membawa manfaat bagi organisasi. Kenaikan pangkat harus diikuti dengan tanggung jawab yang lebih besar,” tandas Panglima Kolinlamil.

Lebih lanjut Panglima Kolinlamil menyampaikan dengan menggunakan pangkat yang baru akan membawa kebanggaan tersendiri bagi personel yang naik pangkat termasuk keluarganya. Kebanggaan tersebut harus diwujudkan dengan selalu berkreasi dan berprestasi sehingga mampu mengangkat citra dan kinerja satuan.

Dalam acara tradisi kenaikan pangkat tersebut, prajurit dan PNS Kolinlamil disiram dengan air kembang sebagai perlambang pembersihan secara fisik maupun mental guna meluruhkan segala hal negatif dari diri para prajurit. Siraman air akan mendinginkan hati dan membuat kepala tetap dingin, mengandung makna dalam penugasan para prajurit selalu mengedepankan hati nurani dan penuh pertimbangan sebelum memutuskan suatu keputusan atau tindakan. Kembang atau bunga yang memberikan aroma yang wangi. Hal ini menandakan bahwa segala tindakan ditujukan untuk membuat prestasi yang bisa mengharumkan namanya secara pribadi maupun keluarganya terlebih membawa nama harum satuannya.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam suatu kesempatan menyampaikan bahwa kenaikan pangkat adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri. Dengan anugerah yang diberikan ini selanjutnya dapat dijadikan sebagai momentum bagi para prajurit maupun PNS TNI AL untuk berkomitmen dan meningkatkan motivasinya dalam memberikan pengabdian terbaik untuk membesarkan TNI AL. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s