Uji Kesiapan Dan Kesiapsiagaan Prajurit Pengawak, KRI BAC-593 Laksanakan Glagaspur Tingkat 2

Mimbarmaritim.com – Jakarta

KRI Banda Aceh-593 kembali ke pangkalan dan sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara setelah beberapa saat yang lalu melaksanakan uji Gladi Tugas Tempur Tingkat II atau L-2 di sekitar perairan Teluk Jakarta selama 1 x 24 jam.

Uji Glagaspur Tingkat 2 bertujuan untuk menguji tingkat kesiapan para prajurit pengawak terutama pada tingkat pemahaman dan penguasaan pos tempur beserta peralatannya. Termasuk keterampilan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya baik secara individu, kelompok dan juga antar pos tempur pada saat melaksanakan peran-peran yang bersifat operatif, administratif serta mampu mengatasi kondisi darurat yang dapat mempengaruhi operasional KRI.

Komandan KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Edi Herdiana menjelaskan bahwa Gladi Tugas Tempur Tingkat 2 yang dilaksanakan kapalnya merupakan kelanjutan dari uji Glagaspur Tingkat I atau L-1 yang telah dilaksanakan sebelumnya dan dinyatakan lulus oleh Tim Penilai dari Kolat Koarmada I dengan uji materi meliputi uji tulis untuk prajurit KRI BAC-593 sesuai kompetensi dan bidang penugasan, uji software dan diakhiri dengan beberapa latihan peran.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S Aldedharma melalui Asisten Operasi Pangkolinlamil, Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar menyampaikan melalui Gladi Tugas Tempur Tingkat II atau L-2, diharapkan para prajurit pengawak KRI Banda Aceh-593 memiliki kemampuan dan pemahaman dalam melaksanakan tugasnya yang kesemuanya dapat terlihat ketika kapal berlayar dan dilaksanakan berbagai peran kapal meliputi peran operatif, peran administratif, peran darurat dan peran khusus.

“Kecepatan aksi dan reaksi serta prosedur dalam melaksanakan peran di kapal menjadi elemen penting dalam penilaian, termasuk bagaimana koordinasi dan komunikasi tim anjungan dan tim lapangan bisa berjalan dengan baik,” tutur Kolonel Nanan.

Dalam pelaksanaannya, uji terampil L-2 ini dilakukan oleh tim penilai dari Kolat Koarmada I yang dipimpin Wadan Kolat Letkol Laut (P) Zulfahmi.

“Uji gladi tugas tempur tingkat II atau L-2 ini digelar untuk meningkatkan profesionalisme prajurit sebagaimana instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yaitu membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman dan meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan sistem senjata armada terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi.” ujarnya.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s