KSU Belawan Gelar Sosialisasi Pengukuran Kapal dan Penerbitan E-Pas Kecil

Mimbarmaritim.com – Parapat

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Syahbandar Utama (KSU) Belawan melaksanakan kegiatan sosialisasi pengukuran kapal dan penerbitan e-pas kecil bertempat di Hotel Khas di Parapat – Kabupaten Simalungun – Sumatera Utara dimulai dari tanggal 18 sampai dengan 20 Maret 2022.

Acara Sosialisasi Pengukuran Kapal dan Penerbitan e-pas kecil dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Capt. Jhonny Runggu Silalahi, M.H.

Capt.Jhonny Runggu Silalahi dalam sambutannya menyampaikan bahwa  penyelenggaraan acara sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait format baru Surat Tanda Kebangsaan Kapal (STKK) dan penerbitan pas kecil secara elektronik atau e-pass kecil.

Capt.Jhonny menjelaskan agenda pokok dalam acara sosialisasi pengukuran kapal dan penerbitan e-pass kecil ini adalah untuk menyesuaikan dengan aturan terbaru terkait terbitnya PP. No. 31 Tahun 2021 tentang Penyelenggaaran di bidang pelayaran dan PM No. 45 Tahun 2021 tentang pengukuran kapal. Serta SE No. 1/DJPL/2020 tentang pemberlakuan format baru Surat Tanda Kebangsaan Kapal.

“Pengukuran, pendaftaran kapal dan surat tanda kebangsaan kapal adalah dokumen status hukum kapal. Kapal dinyatakan laiklaut apabila telah memenuhi unsur status hukum kapal, keselamatan kapal dan pengawakan,”katanya.

Capt Jhonny menambahkan dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan para pengguna jasa dan pihak pemangku kepentingan dapat memahami bahwa sudah adanya dokumen surat tanda kebangsaan kapal atau pas kecil dalam bentuk elektronik.

Hadir dalam kesempatan itu jajaran pejabat struktural dari Kantor KSU Belawan diantaranya Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Rawat P Gultom, S.T., M.Si, Kepala Bagian Tata Usaha Fini M.T, Mar.E, Kepala Seksi Status Hukum dan Kapal Rayson Cerullo Argemiro Piay, S.T., M.Si.(Ketua Panitia Penyelenggara Acara Sosialisasi Pengukuran Kapal dan Penerbitan E-Pas Kecil). Kepala Seksi Sertifikasi Pencegahan Pencemaran dan Manajemen Keselamatan Kapal Bustam, M.M, Kepala Seksi Sertifikasi Keselamatan Kapal Kristiant Haryo Umboro, S.H.

Selain itu, para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Hubla diantaranya Kepala Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan ( UUP) Kelas III Tanjung Beringin Luderwijk, Kepala Kantor UUP Kelas III Sirombu Muhammad Yusuf Zebua, Kepala Kantor UPP Kelas III Leidong Nelson Sianipar, Kepala Kantor KSOP kelas IV. Pangkalan Susu Capt.Juanda Silaen, Kepala Kantor UPP. Kelas III Tanjung Sarang Elang, Sugianto.

Kepala Kantor KSOP Kelas IV Meulaboh Samsul Arif Hutagalung dan dihadiri peserta 16 orang Satuan Kerja (Sakker) UPT Ditjen Hubla Sumatera Utara, lima orang Satker UPT Ditjen Hubla Nanro Aceh Darussalam (NAD), satu orang peserta dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, satu orang peserta  Dinas Perikanan Kabupaten Deli  Serdang serta beberapa peserta dari pengurus kapal nelayan yang ada di Sumatera Utara.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s