Kuasai Protap, Prajurit Kolinlamil Siap Tindak Pelanggar Hukum Di Laut

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Asisten Operasi Panglima Kolinlamil yang diwakili oleh Paban Perencanaan Staf Operasi Kolinlamil menutup Latihan Fungsi Hukum Triwulan I tahun 2022 di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (9/3/2022).

Kegiatan latihan fungsi hukum yang telah dilaksanakan selama dua hari tersebut merupakan salah satu bentuk dari pembinaan personel yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut dalam mendukung tugas TNI AL kaitannya dengan penegakan hukum di laut. Sebelum dilaksanakan penutupan latihan, para peserta diberi materi tentang pemberkasan dari suatu tindak pidana tertentu di laut dimana TNI AL mempunyai kewenangan untuk menjadi penyidik.

Asops Panglima Kolinlamil dalam amanatnya yang dibacakan oleh Pabanren Staf Operasi Kolinlamil Letkol Laut (P) Yohanes Berchmans menyampaikan agar para peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama latihan dalam setiap penugasan. Selain itu disampaikan pula agar peserta tidak perlu ragu-ragu untuk selalu berkoordinasi dan berkonsultasi kepada para Instruktur bila menemukan permasalahan di lapangan untuk menghindari terjadinya kesalahan prosedur dalam penegakan hukum.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S Aldedharma dalam beberapa kesempatan selalu menekankan kepada prajurit jajarannya untuk selalu meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit sesuai dengan kompetensi dan bidang penugasannya masing-masing. Panglima Kolinlamil juga menginstruksikan agar setiap prajurit yang mengikuti latihan dapat mengaplikasikan bekal pengetahuan yang diperoleh untuk mendukung peningkatan kinerja satuan kerjanya.

Sesuai penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang disampaikan pada saat Rapat Pimpinan TNI AL agar prajurit TNI AL menguasai dan mematuhi hukum baik hukum nasional maupun internasional. (MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s