PT EPI Kelola Layanan Penyediaan Listrik Dan Air Bersih Di Pelabuhan

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI) salah satu anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang core bisnisnya bergerak di Bidang pelayanan listrik dan pelayanan air bersih di pelabuhan Tanjung Priok.

PT EPI menyelenggarakan kegiatan Media Gathering dengan Media mengangkat tema  “Harmony in Collaboration,” di Gedung Operasional PT EPI di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (25/2/2022).

Direktur Utama PT EPI Imanuddin didampingi Direktur Keuangan & SDM Tri Djunaidy dan Direktur Operasi & Niaga Ramaedi, dalam penjelasannya menyampaikan layanan dan kualitas air bersih untuk kapal-kapal di pelabuhan Tanjung Priok sudah lebih baik jika dibandingkan dengan pelabuhan di luar negeri dan tidak kalah dengan negara Singapura.

“Jika ada persepsi yang menyatakan kualitas air bersih kurang bagus di pelabuhan Tanjung Priok hal itu tidak tepat. Kami pastikan bahwa kuliatas air bersih di Pelabuhan Tanjung Priok lebih baik dari pelabuhan Singapura,”ungkapnya.

Dia menyebutkan untuk saat ini PT EDI terkait layanan kebutuhan air bersih untuk kebutuhan kapal domestik telah dapat diraih market share mencapai 80% lebih. Sementara kebutuhan kapal internasional masih relatif sedikit yang memanfaatkan layanan air bersih khusus di Tanjung Priok.

Lebih lanjut, Imanuddin mengatakan bahwa bisnis PT EPI akan mendukung program green port dan menjadi perusahaan utilitas terintegrasi yang terkemuka secara nasional dengan keunggulan layanan. Selain itu, PT EPI untuk saat ini telah menjadi utilitas company yang menyangkut layanan penyediaan tenaga lis6, air bersih dan penanganan limbah di pelabuhan Tanjung Priok.

“Pada 2022, kami merencakan pengelolaan tenaga listrik di Terminal Kijing, dan  pengelolaan air bersih, di Pelabuhan  Terminal Kijing, pelabuhan Cirebon, Pangkal Balam, Tanjung Pandan, Teluk Bayur, Panjang,”sebutnya.

Imanuddin menjelaskan PT Energi Pelabuhan Indonesia, awal didirikan adalah penyedia atau pensuplai tenaga listrik, kontraktor dan konsultan ketenagalistrikan di seluruh wilayah PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). PT EPI diharapkan dapat menyediakan pasokan dan mengelola ketenaga listrikan yang handal untuk memenuhi kebutuhan operasional khusus di IPC.

“Pasca penggabungan (merger) Pelindo maka PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI) yang awalnya bergerak di bidang usaha ketenagalistrikan di kawasan pelabuhan  sekarang ekspansi menjadi pengelola utilitas lainnya, mendukung operasional di pelabuhan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan,”ujarnya.

Imanuddin menambahkan sejalan dengan perkembangan digitalisasi, PT EDI senantiasa dapat menerapkan penggunaan teknologi di seluruh lini. Kepada pelanggan pada tanggal 26 Januari 2022 telah diluncurkan aplikasi CRM (Costumer Relationship Management) yang dapat memudahkan para pelanggan untuk memeriksa transaksi dengan PT EPI.

Informasi perjalanan Pengembangan Bisnis PT EPI yakni : Tahun 2012, PT EPI Berdiri pada bidang usaha penyediaan tenaga listrik. Tahun 2013, beroperasi sebagai pengelola tenaga listrik. Tahun 2017, pengembangan usaha mekanikal dan elektrikal.Tahun 2020, memulai pelayanan shore power connection.

Tahun 2021, PT EPI menjadi perusahaan yang bergerak dibidang utilisasi dan mulai pengembangan bisnis pengelolaan air bersih. Tahun 2022, percepatan rencana pengembangan bisnis pengelolaan limbah di pelabuhan.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s