Pelindo Regional 2 Cabang Palembang Gelar Sharing Session Dengan INAMPA, Sinergi Majukan Maritim

Mimbarmaritim.com – Palembang

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Cabang Palembang bersama Indonesian Maritime Pilot’s Associaton (INAMPA) menggelar Sharing Session Port Community Pelabuhan Palembang yang dilaksanakan di Gedung Suluh Kantor Pelindo Regional 2 Cabang Palembang, Rabu (23/2/2022).

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan sinergi antar insan maritim di lingkungan Pelabuhan Palembang guna meningkatkan pelayanan jasa kemaritiman yang berdaya saing tinggi dan kompetitif kepada seluruh pengguna jasa baik di dalam maupun luar negeri.

Sebanyak lebih dari 50 peserta yang terdiri dari Pandu, Anak Perusahaan Pelindo,  KSOP Kelas II Palembang dan Distrik Navigasi Kelas I Palembang hadir mengikuti penyampaian materi yang diselenggarakan secara tatap muka. Kegiatan ini dibuka oleh General Manager Pelindo Regional 2 Cabang Palembang, Imam Rahmiyadi.

Pembicara Sharing Session kali ini adalah Pasoroan Herman Harianja yaitu President Indonesian Maritime Pilot’s Association (INAMPA) dengan tema “Collaboration In Port Community To Increase Port Competitiveness”.

Pada kesempatan itu, Pasoroan Herman Harianja menjelaskan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 57 Tahun 2015 tentang Pemanduan dan Penundaan Kapal, yaitu pada Pasal 24, disebutkan bahwa pada prinsipnya kegiatan pemanduan ini adalah pemberian bantuan, saran, dan informasi dari para pandu kepada Nakhoda Kapal tentang keadaan perairan setempat agar navigasi pelayaran dapat dilaksanakan dengan selamat, tertib lancar, efisien dan efektif.

Dengan demikian, kata Pasoroan Herman Harianja mengatakan maka di pundak seorang Petugas Pandu melekat atribut hukum, baik atribut hukum dalam konvensi internasional maupun nasional serta kearifan lokal (local wisdom). 

“Untuk itu, Petugas Pandu harus mampu memberikan pelayanan secara optimal dan profesional sehingga mampu menjamin keamanan dan keselamatan bagi kapal-kapal yang berlayar di seluruh perairan Indonesia,” pungkasnya.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s