POM Kolinlamil Gelar Opsgaktib, Jaga Kualitas Displin Prajurit

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Polisi Militer Komando Lintas Laut Militer menggelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin Triwulan I tahun 2022 di Jalan Raya Pelabuhan Pos 9, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (24/2/2022).

Sejak pukul 06.00 WIB para petugas POM Kolinlamil telah berdiri di pertigaan lampu merah Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok. Para prajurit yang berkendaraan dinas maupun kendaraan pribadi secara tertib memperlambat laju kendaraannya. Sasaran Opsgaktib POM Kolinlamil kali ini adalah kelengkapan kendaraan bermotor yaitu SIM dan STNK serta kelengkapan kartu identitas prajurit. Operasi tersebut dipimpin Kasi Hartib POM Kolinlamil Mayor Laut (PM) Hanis Aldian.

Secara tertib dan teratur para petugas menghentikan kendaraan bermotor yang dikendarai prajurit. Mereka dengan sopan meminta pengendara untuk menunjukan surat-surat kendaraan dan kelengkapan kartu identitas prajurit.

“Selamat pagi, mohon maaf mengganggu perjalanannya. Mohon untuk diperlihatkan surat-surat kendaraan dan surat ijin mengemudinya, terima kasih,” demikian ucap salah satu petugas saat menghentikan kendaraan prajurit.

Kegiatan operasi penegakan dan penertiban ini dilaksanakan secara berkesinambungan guna menjaga ketertiban dan disiplin prajurit terhadap aturan berlalu lintas.

“Operasi Gaktib ini secara rutin dilaksanakan dengan tujuan menjaga dan meningkatkan kedisiplinan khususnya prajurit Kolinlamil terhadap aturan dan hukum,” ujar Komandan POM Kolinlamil Letkol Laut (PM) Wakhid Komarudin.

Lebih lanjut, Komandan POM Kolinlamil menyampaikan bahwa operasi gaktib tersebut menindaklanjuti arahan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma agar POMAL Kolinlamil mengantisipasi dan mencegah keterlibatan prajurit dalam pelanggaran lalu lintas dan pelanggaran lainnya.

Dalam suatu kesempatan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa disiplin adalah napas prajurit. Untuk itu setiap prajurit TNI AL harus memiliki kedisiplinan yang tinggi karena dengan kedisiplinan maka tata tertib dan semua aturan yang telah dibuat untuk mengatur tata kehidupan prajurit baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kedinasan dapat dilaksanakan sesuai yang diharapkan.

Seluruh rangkaian pelaksanaan kegiatan Opsgaktib berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran varian baru Covid-19, Omicron. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s