Asops Pangkolilamil Gobrol Bareng Pelaut Kolinlamil Tentang Latihan

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Asisten Operasi Panglima Komando Lintas Laut Militer (Asops Pangkolinlamil) Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar menginisisasi pembinaan Perwira korps Pelaut Kolinlamil dengan metode serius tapi santai, dilaksanakan melalui video conference diikuti seluruh Perwira Pelaut baik yang berdinas dan staf maupun unsur KRI. Kegiatan ini dikemas bertajuk “Pelaut Kolinlamil Ngobrol tentang Latihan di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (23/2/2022).

Asops Pangkolinlamil pada kegiatan ini menekankan kepada seluruh Perwira Korps Pelaut untuk lebih meningkatkan profesionalisme. Dengan mengasah kualitas diri dengan aktif mengikuti latihan sesuai dengan jenjang latihan untuk mendukung pelaksanaan tugas.

“Pentingnya suatu pembinaan profesi yang menyeluruh bidang kepelautan dan pelaksanaan latihan secara bertingkat dan berlanjut. Dengan figur Pelaut yg mumpuni sebagai ujung tombak operasi-operasi laut diharapkan ke depan mampu membawa TNI Angkatan Laut lebih baik dan disegani,” tuturAsops.

Asops menjelaskan tugas pokok Kolinlamil sebagai Komando Utama Operasi adalah melaksanakan tugas menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan bantuan angkutan laut lainnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Sedangkan Komando Utama Pembina, Kolinlamil bertugas sebagai pembina tunggal angkutan laut TNI, membina sistem angkutan laut militer, membina potensi angkutan laut nasional guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara di laut dan membina kesiapan operasi untuk melaksanakan angkutan laut TNI yg meliputi personel, alat peralatan dan pembekalan baik bersifat taktis, strategis, maupun administratif sesuai kebijakan Kasal.

Terkait dari tugas Kolinlamil tersebut, Asops Panglima Kolinlamil menyebutkan tentang sistem penyelenggaraan latihan di lingkungan TNI. Berbagai jenis latihan dibahas dalam acara tersebut.Diantaranya mulai latihan yang diselenggarakan langsung oleh Mabes TNI dan latihan yang diselenggarakan setiap angkatan (matra).

Latihan dengan penyelenggara Mabes TNI terdiri dari latihan balakpus, latihan siaga operasi, latihan gabungan, latihan passus trimatra, latihan pratugas (pasukan PBB) dan latihan bersama (multilateral dan bilateral exercise). Untuk latihan yang diselenggarakan TNI AL merupakan latihan kematraan yang diarahkan pada kesiapan dalam melaksanakan tugas atau performance-oriented training.

Menanggapi kegiatan yang digagas oleh Asops Pangkolinlamil, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma menyampaikan bahwa Perwira Korps Pelaut adalah motor dari setiap latihan yang diselenggarakan. Oleh karena itu, setiap Perwira korps Pelaut harus mengisi diri tentang berbagai pengetahuan yang menyangkut sistem latihan yang diselenggarakan.

Hal ini sesuai dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono tentang penyelarasan doktrin, operasi latihan dan sistem pelatihan yang fleksibel dan adaptif terhadap dinamika situasi terkini.

“Setiap latihan yang diselenggarakan pasti ada dasar, referensi dan buku petunjuk penyelenggaraannya. Baca dan kuasai agar dalam penyelenggaraan latihan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas Pangkolinlamil. (Red-MMl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s