Intelijen Menjadi Komponen Strategis Ujung Tombak TNI-AL Jalankan Tugas Negara

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Intelijen akan menjadi komponen strategis sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas yang akan dibebankan negara kepada TNI AL. Demikian dikatakan Asisten Intelijen Panglima Kolinlamil, Kolonel Laut (E) Monang H Sitompul saat menutup latihan fungsi intelijen dalam rangka Latihan Operasi Matra Laut Staf Intelijen Komando Lintas Laut Militer Triwulan I tahun 2022, berlangsung di Gedung Laut Natuna, Selasa (22/2/2022).

Latihan fungsi intelijen dalam operasi matra laut ini untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam memahami masalah sistem pengamanan personel, materiil, dokumen dan kegiatan di masa mendatang dengan tingkat ancaman fisik dan non fisik yang semakin kompleks.

Lebih lanjut dijelaskan, setiap personel intelijen harus merespon perkembangan lingkungan strategis baik pada tataran global, regional dan nasional yang semakin kompleks dan beragam memerlukan kinerja intelijen yang mampu untuk menilai. Selanjutnya memberikan informasi dan saran tindak ke komando atas secara profesional.

“Latihan ini juga sebagai upaya dalam menjawab tantangan tugas ke depan serta menyikapi berbagai kebijakan Pimpinan untuk meningkatkan peran dan fungsi intelijen dalam rangka meningkatkan deteksi dini serta cegah dini terhadap berbagai kemungkinan ancaman baik aktual maupun potensial,” jelas Asintel Pangkolinlamil.

Selain itu, lanjut Asintel, latihan ini juga merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas serta kemampuan SDM personel intelijen Kolinlamil, melatih kemampuan personel intelijen dalam operasi intelijen dan perencanaannya yang pada gilirannya dapat mendukung pelaksanaan tugas Kolinlamil.

“Pengoptimalan open source intelijen sehingga mampu mendukung data intelijen untuk kegiatan pengamanan seluruh aspek kegiatan dan operasi Kolinlamil sesuai dengan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang ada,” pungkasnya.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma mengungkapkan peningkatan profesionalisme prajurit intelijen Kolinlamil mutlak diperlukan. Hal ini selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono dalam peningkatan kemampuan, Komando, Kendali, Komunikasi, Komputer, Intelijen, Pengamatan dan Pengintaian (K4IIP) dan Siber TNI AL. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s