Pastikan Kondisi Kesehatan, Prajurit Satlinlamil 2 Lakukan Urikes

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Bagi setiap individu, kesehatan adalah aset yang paling berharga. Dengan kesehatan yang prima setiap orang akan mampu beraktifitas dengan baik. Di lingkungan TNI, seorang prajurit secara berkala dilakukan pemeriksaan kesehatannya secara menyeluruh.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan setiap prajurit dalam keadaan sehat dan bilamana terdapat sakit atau penyakit dapat terdeteksi lebih awal, apabila ada hal-hal yang harus dikonsultasikan lebih lanjut, maka akan lebih cepat untuk penanganan dan perawatannya.

Baru-baru ini, prajurit Satuan Lintas Laut Militer 2 mengadakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) yang dilaksanakan di Balai Pengobatan, Mako Satlinlamil Surabaya. Urikes ini merupakan tahap lanjut terhadap prajurit Satlinlamil 2 dengan status kesehatan III/P guna mendapatkan surat rekomendasi pemeriksaan penunjang peserta Prolanis dan penanganan lanjutan dari BPJS kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin bagi prajurit jajaran Kolinlamil mendapatkan atensi khusus dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma apalagi ditengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Seluruh Prajurit Kolinlamil harus diuji dan diperiksa kondisi kesehatannya, selain kebutuhan rutin juga untuk mengetahui dan mendeteksi apabila ada gejala atau indikasi penyakit yang berbahaya. Apalagi kondisi sekarang dengan masih mewabahnya virus Covid-19 dengan varian baru Omicron yang harus diantisipasi penyebarannya,” tutur Panglima Kolinlamil.

Uji Pemeriksaan Kesehatan yang dilaksanakan prajurit Satlinlamil 2 meliputi tes darah, tensi, urine, pemeriksaan jantung, pemeriksaan gigi dan mulut, rontgen, serta pemeriksaan THT. Sebagai Kepala Balai Pengobatan Satlinlamil Surabaya Kapten Laut (K) Ivan Sumantri mengarahkan setiap prajurit yang urikes untuk mengisi data dengan benar agar Tim Kesehatan dapat memberikan diagnosa yang tepat. Dalam urikes ini turut bekerjasama dengan instansi kesehatan lain yang bermitra dengan Diskes Kolinlamil yaitu Laboratorium Mitra Husada Surabaya.

Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) Slamet Rahardja mengatakan bahwa uji pemeriksaan kesehatan terhadap prajurit di jajaran Kolinlamil ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Dalam rangka pengecekan kondisi kesehatan seluruh personel Kolinlamil. Urikes juga menjadi salah satu syarat bagi personel yang bersangkutan untuk memenuhi persyaratan mengikuti pendidikan, penugasan dan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP). (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s