Prajurit Satlinlamil 1 Berlatih Kemampuan Renang Sebagai Dasar Sea Survival

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Prajurit Satuan Lintas Laut Militer 1 melaksanakan latihan renang di kolam renang militer Tirto Sagoro-01 Kolat Koarmada I, Sunter Kodamar, Jakarta Utara, Selasa (18/1/2022).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program pelatihan sea survival yang diselenggarakan Staf Operasi Satlinlamil 1. Materi latihan renang kali ini meliputi teknik terjun ke laut atau water jump, dump boat dan renang berkelompok. Kegiatan yang dilaksanakan diawali dengan pemanasan peregangan otot, kemudian dilanjutkan dengan pemanasan renang yang dipimpin Perwira Staf Operasi (Pasops) Satlinlamil 1 Mayor Laut (P) Edi Irawan.

“Bagi prajurit TNI AL, laut merupakan bagian dari medan juangnya maka keahlian renang menjadi keharusan sebagai kemampuan dasar yang mutlak dan melekat pada diri setiap prajurit matra laut guna menunjang kemampuannya untuk penyelamatan dan bertahan hidup di laut bilamana terjadi kecelakaan di laut atau hal-hal lain yang tidak diinginkan ketika melaksanakan penugasan operasi,” ujar Komandan Satlinlamil 1 Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi.

Selain itu, katanya, kegiatan ini juga sesuai dengan perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma agar setiap prajurit Kolinlamil selalu meningkatkan kemampuannya guna mendukung tugas dan tanggungjawab di setiap penugasan.

“Pelatihan sea survival merupakan bentuk pelatihan ketangkasan dan profesi kepada prajurit Kolinlamil. Untuk menjadikan prajurit profesional yang siap menghadapi tuntutan tugas TNI AL yang semakin kompleks,” ungkap Panglima Kolinlamil

Mengingat kegiatan masih dalam masa pandemi Covid-19 maka pelaksanaan latihan tetap melalui protokol kesehatan karena kesehatan dan keselamatan personel adalah salah satu hal yang utama.(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s