Kuwil Kolinlamil Gelar Pelatihan Modul Aplikasi Sakti

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Untuk meningkatkan kualitas kinerja pengawak keuangan, Keuangan Wilayah Komando Lintas Laut Militer (Kuwil Kolinlamil) menyelenggarakan Pelatihan Operator Modul Komitmen Aplikasi SAKTI jajaran satker Mako Kolinlamil tahun 2021 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (29/12/2021).

Pelatihan ini diikuti oleh 50 pengawak keuangan satuan kerja di lingkungan Kolinlamil. Aplikasi SAKTI merupakan penggabungan dari seluruh aplikasi yang ada saat ini mulai dari perencanaan, logistik dan keuangan menjadi satu aplikasi yang terintegrasi.

Pelatihan ini adalah inisiatif dari badan keuangan Mako Kolinlamil Kuwil dan Akun untuk memastikan kesiapan satker – satker di jajaran Mako Kolinlamil dalam menghadapi pelaksanaan aplikasi SAKTI yang mulai berlaku pada tahun 2022 yang outputnya adalah laporan keuangan Mako Kolinlamil yang akuntable.

Kepala Keuangan Wilayah (Kuwil) Kolinlamil Kolonel Laut (S) Wito Hadi Utomo dalam sambutannya mengatakan, kemajuan teknologi sudah menjadi keharusan untuk terwujudnya pengelolaan keuangan yang akuntable serta terintegrasi dengan teknologi modern.

Aplikasi SAKTI yang akan berlaku mulai tahun 2022 secara full modul adalah jawaban sekaligus tantangan yang harus dihadapi seluruh jajaran keuangan Kementerian dan Lembaga, begitu pula jajaran TNI AL khususnya Kolinlamil.

Kakuwil Kolinlamil menginstruksikan para pengawak akun di jajaran Kolinlamil untuk mengikuti pelatihan sebaik baiknya karena para operator modul komitmen adalah ujung tombak dari masing masing satker.

Apalagi di tahun 2022 aplikasi SAKTI sudah mulai diberlakukan full modul untuk seluruh kementrian dan lembaga maka segera mungkin, para pengawak akun Kolinlamil yang di satuan-satuan kerja harus mengikuti dan menyesuaikan dengan aplikasi tersebut.

“Ketelitian dan ketepatan waktu dalam proses input data ke dalam aplikasi SAKTI sesuai dengan dokumen menjadi suatu keharusan” jelas Kakuwil Kolinlamil.

Kuwil Kolinlamil nantinya akan menyiapkan tempat di staf akun sebagai pusat informasi dan koordinasi antar operator aplikasi SAKTI satker – satker dengan Akun dan Kuwil.

Kakuwil Kolinlamil menghimbau para pengawak keuangan untuk meningkatkan kemampuan individu dengan belajar mandiri mendownload di handphone aplikasi pandu SAKTI yang berisi bahan pembelajaran tentang aplikasi SAKTI atau dapat melihat pembelajaran melalui internet atau Youtube.

“Agar dimanfaatkan semaksimal mungkin pelatihan operator modul aplikasi SAKTI ini sebagai wadah untuk bersilaturahmi, berinteraksi dan berkoordinasi dalam pelaksanaan tugas, sehingga kepekaan terhadap dinamika perkembangan yang terjadi dapat menumbuhkan motivasi dalam rangka mewujudkan akuntabilitas kinerja TNI AL,” ujar Kakuwil Kolinlamil.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut Kepala Akun Kolinlamil dan Perwira Keuangan wilayah Kolinlamil lainnya.(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s