Pelindo Regional 4 Tanam 31.250 Bibit Mangrove di Jeneponto

Mimbarmaritim.com – Makassar

Turut menyukseskan Gerakan Kolaborasi “BUMN Hijaukan Indonesia” dan memeringati Hari Menanam Indonesia 2021, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 melakukan penanaman sebanyak 31.250 bibit pohon mangrove di Dusun Ujung Batu, Kelurahan Bontojai, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/11/2021).

Penanaman bibit pohon mangrove jenis Avicennia dilakukan secara bersama-sama oleh Division Head Pelayanan SDM dan Umum PT Pelindo Regional 4, Basri Alam, Departemen Head Hukum & Humas PT Pelindo Regional 4, Erisanty, DVP of Partnership Program and CSR PT Pelindo Jasa Maritim (PJM), Supriyadi Ratman, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel, A. Parenrengi, dan Direktur Science Techno Park (STP) Universitas Hasanuddin, Prof. A. Wardihan Sinrang.

Division Head Pelayanan SDM dan Umum PT Pelindo Regional 4, Basri Alam mengatakan, PT Pelindo adalah salah satu BUMN yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian BUMN yang selalu berkomitmen untuk memberikan perhatian lebih guna kemajuan di daerah.

“Saat ini wilayah kerja PT Pelindo sangat luas, mulai dari Aceh hingga Merauke. Memeringati Hari Menanam Indonesia tahun ini dan menyukseskan Gerakan Kolaborasi “BUMN Hijaukan Indonesia”, Perseroan bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin melakukan penanaman bibit pohon mangrove,” terang Basri Alam.

Dia menambahkan, kegiatan Hari Menanam Indonesia ini merupakan salah satu komitmen Perseroan terhadap keberlangsungan perubahan iklim di bumi dan sebagai bukti nyata kepedulian terhadap pelestarian alam di daerah yang berada di seluruh wilayah Indonesia.

“Khususnya yang dilakukan pada hari ini (Sabtu), yaitu di Dusun Ujung Batu, Kelurahan Bontojai, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan,” tukasnya.

Dia juga mengatakan, kegiatan menanam bibit pohon mangrove merupakan bentuk dukungan pihaknya untuk penghijauan Indonesia. “Semoga semua bibit pohon mangrove yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan ke depannya akan bermanfaat bagi lingkungan sekitar, serta mendukung kegiatan BUMN dalam gerakan Hijaukan Indonesia,” ujar Basri Alam.

Bibit pohon mangrove yang ditanam di lahan seluas 12,5 hektar tersebut diharapkan mampu memberikan dampak baik bagi berkembangnya ekosistem untuk hewan dan tumbuhan, serta bermanfaat dari sisi ekologis dan ekonomi khususnya untuk masyarakat Dusun Ujung Batu.

Gerakan ini diharapkan akan mewujudkan lingkungan yang lebih bersih akibat penyerapan polusi udara oleh tanaman mangrove guna mencapai target emisi nol pada 2060 mendatang serta untuk menjawab isu dekarbonasi.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s