Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Masuk Dalam Proses Pembangunan Zona Integritas

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

Reformasi Birokrasi salah satu langkah awal melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional, sesuai dengan prinsip Good Governance.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional 2021 – 2025 pedoman pelaksanaan program reformasi birokrasi secara nasional. Peraturan ini menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Dalam rangka mengakselerasi pencapaian sasaran, secara konkret dan konsisten dilaksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui upaya Pembangunan Zona Integritas.

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kenavigasian Membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Unit Pelaksana Teknis yang diselenggarakan di Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok.

Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Raymond Ivan H.A.S mengatakan kegiatan Pencanangan Zona Integritas ini Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok menunjukkan komitmen bersama – sama sebagai lembaga pemerintah dan khususnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat memberikan atensinya guna melakukan perubahan-perubahan fundamental terhadap pola pikir, perilaku, dan budaya kerja ASN.

“Zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi ( WBK) /Wilayah Birokrasi Bersih Melayani ( WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” demikian disampaikan Raymond melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, Rabu (24/11/2021).

Raymond menjelaskan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan predikat yang diberikan kepada unit kerja pada instansi pemerintah yang memenuhi indikasi bebas dari korupsi dan melayani publik dengan baik melalui penataan, perubahan yang baik, diantaranya Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Lebih lanjut, Raymond menyebutkan bahwa tujuan utama dalam Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM adalah untuk pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Implementasinya dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja dalam Rangka peningkatan kualitas layanan .

Raymond menambahkan upaya membangun Zona Integrasi ini Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung, Selasa (23/11/2021) telah menerima Tim Penilai Nasional ( TPN) diantaranya Tim Evaluator Kemenpan RB,Tim Penilai Internal (TPI) Kementerian Perhubungan melalui Inspektur investigasi Kemenhub dan Tim Organisasi dan Humas Setdijen Hubla. Dalam rangka melaksanakan penilaian verifikasi lapangan dari proses pembangunan ZI di Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok

“TPN dalam verifikasi lapangan ini diharapkan dapat memberikan inovasi dan manfaat bagi masyarakat dan perubahan mental pegawai yang dilaksanakan secara terus menerus menjadi acuan untuk pelayanan publik yang lebih baik dan prima,” pungkas Raymond.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s