Kantor Otoritas Utama Tanjung Priok Bersama BP3IP Gelar Diklat Pengawas dan Operator Limbah

Mimbarmaritimcom – Jakarta

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, bekerjasama dengan Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta menyelenggarakan kegiatan Diklat Pengawas dan Operator Limbah Pelabuhan dan Kapal, tanggal 16 November 2021 sampai dengan tanggal 17 November di Jakarta.

Pelatihan Pengawas dan Operator Penanganan Limbah Kapal di Pelabuhan, diharapkan kedepannya akan dapat dijadikan Standar Kompetensi Kerja di tengah program menjadikan Pelabuhan Greenport.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Dr Capt Wisnu Handoko MSc, mengatakan pelatihan tersebut merupakan yang pertama kalinya dan desain course baru berdasarkan kebutuhan skill SDM dalam pelaksanaan Manajemen Limbah Kapal terpadu. 

Adapun pelatihan dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama link and match antara BP3IP dan kebutuhan ekosistem Pelabuhan Tanjung Priok.

Capt Wisnu menyebutkan, bahwa Pelatihan Penanganan Limbah Kapal di Pelabuhan bagi petugas pengawas dan operator fasilitas penerimaan (Reception Facilities) guna mewujudkan penanganan limbah kapal untuk memenuhi norma standar prosedur dan kriteria melalui penugasan personil yang memiliki pengetahuan dan kompetensi dalam melaksanakan pengawasan dan pengelolaan limbah kapal di Pelabuhan.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Capt Wisnu Handoko didampingi Kepala Bidang Usaha BP3IP, Dr Ignatius Joko Susanto, diikuti oleh 20 orang yang berasal dari Kantor OP Utama, Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Ditlala Ditjen Hubla, BP3IP, KSOP Banten, KSOP Panjang, NPCT 1, JICT, TPK Koja, Pelindo Group, Indowastec, Binasamsurya dan MAL dengan narasumber Kepala Seksi Prasarana Direktorat Penilaian Kinerja PLB3 dan LNB3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Widayati.

Pelatihan angkatan pertama ini diikuti 20 peserta dari instansi yang ada di pelabuhan Tanjung Priok diantaranya :Staf Kantor Otoritas Utama Pelabuhan Tanjung Priok 2 orang, staf Kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok 2 orang, staf PT Pelindo 2 orang, staf BP3IP 2 orang, staf Ditlala 1 orang, staf Indowastec 1 orang, staf Binasamsurya 1 orang, staf KSOP Kelas I Banten 1 orang, staf KSOP Kelas I Panjang 1 orang, staf NPCT 1 orang, staf TPK Koja 1, staf JICT 1 orang, IKT 1 orang, staf IPC TPK 1 orang, staf PT P 1 orang dan staf PT MAL 1 orang.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s