Kolaborasi, Koordinasi Antar Instansi Terkait Mendukung Konektivitas Dan Kelancaran Logistik Di Pelabuhan Tanjung Priok

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Bertempat di Museum Maritim Indonesia, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok beserta PT Pelindo (Persero) menggelar acara Coffee Morning pada Selasa (17/11/2021). Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka menjalin komunikasi, sinergitas, kolaborasi, dan koordinasi antara Instansi Pemerintah, Stakeholders, Asosiasi yang ada di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

Acara dihadiri para Kepala Kantor Instansi Pemerintah, Pimpinan Stakeholders, Para Ketua Asosiasi di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok, dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok DR. Capt.Wisnu Handoko M.Sc.

Capt Wisnu dalam sambutannya, menyampaikan tujuan dari acara Coffee Morning, bahwa acara tersebut diadakan dengan tujuan dapat meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antara Instansi Pemerintah, Stakeholders, dan Asosiasi di Pelabuhan Tanjung Priok dalam mendukung peningkatan pelayanan.

“Beberapa sistem pelayanan yang telah berjalan di Pelabuhan Tanjung Priok antara lain Inaportnet, Sistem Single Truck Identification Data (STID), Sistem Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TKBM), dan Sistem Digitalisasi yang ada pada masing-masing Instansi,” katanya.

Capt Wisnu memaparkan tugas dan tanggung jawab Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Beliau juga menyampaikan sektor yang menurut KPK berpotensi terjadinya kebocoran yang disampaikan pada saat Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) tanggal 11 November 2021.


“Mengatur dan mengawasi penggunaan lahan daratan dan perairan, Mengawasi penggunaan DLKr dan DLKp, Mengatur Lalu Lintas Kapal, Keluar Masuk Pelabuhan melalui Pemanduan Kapal, Menetapkan Standar Kinerja Operasional Pelayanan Jasa Kepelabuhanan”, jelas Capt Wisnu.

“Ada 4 (empat) sektor menurut KPK yang berpotensi terjadinya kebocoran negara yaitu: Masih ditemukan adanya OP/KSOP yang tidak menggunakan sistem aplikasi; Layanan jasa pelabuhan yang tidak direkam dalam sistem; Masih ditemukannya ketidaksesuaian kebutuhan, kualifikasi kelembagaan, dan proses implementasi kerja pada proses bongkar muat di pelabuhan; dan Masalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas,” tutur mantan Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut.

Ia menjelaskan beberapa sistem pelayanan yang telah berjalan di Pelabuhan Tanjung Priok dan beberapa hal yang menjadi fokus pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Beberapa sistem pelayanan yang telah berjalan di Pelabuhan Tanjung Priok antara lain Inaportnet, Sistem Single Truck Identification Data (STID), Sistem Monitoring Tenaga Kerja Bongkar Muat (SIMON TKBM), dan Sistem Digitalisasi yang ada pada masing-masing Instansi,” ujarnya

Capt Wisnu menambahkan fokus pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Pelabuhan Tanjung Priok adalah fokus pada substansi perubahan, Kinerja Utama dan Peran Unit Kerja, potensi resiko dan isu strategis dalam upaya mencapai Kinerja, pengembangkan inovasi (strategi/program/kegiatan) yang tepat guna, monitoring dan evaluasi (monev) dampak dan manfaat atas program tersebut, kolaborasi dan sinergi antar Unit Kerja di area kawasan.

“Kami berterima kasih serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Instansi Pemerintah, Stakeholders, dan Asosiasi di Pelabuhan Tanjung Priok yang telah bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung peningkatan pelayanan. Semoga Pelabuhan Tanjung Priok semakin menjadi pelabuhan yang berdaya saing, dan dapat memberikan nilai tambah serta bertaraf Internasional,”pungkasnya.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s