Panglima Kolinlamil Lepas Prajurit Dan PNS Kolinlamil Dalam Wisuda Purna Bhakti

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Wisuda Purna Bakti merupakan peristiwa penting yang menandai saat-saat terakhir pengabdian para wisudawan di TNI Angkatan Laut.

“Upacara ini merupakan wujud apresiasi dari satuan kedinasan Kolinlamil kepada wisudawan atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian demi kemajuan dan kejayaan TNI Angkatan Laut,” ujar Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma, dalam amanat saat acara Wisuda Purna Bhakti prajurit Kolinlamil, di Officer Club, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (29/10/2021).

Laksda TNI Erwin S Aldedharma berharap para purnawirawan dan wredatama tetap dapat memberikan sumbangan tenaga dan pemikiran dalam hal apapun guna mendukung tugas pokok Kolinlamil.

“Status sebagai purnawirawan dan wredatama bukan akhir pengabdian. Bagi seorang pejuang, pengabdian akan terus diberikan kepada bangsa dan negara selama hayat dikandung badan,” tuturnya.

Wisuda Purna Bhakti kali ini dilaksanakan secara terpusat dari Markas Besar Angkatan Laut dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono secara vicon yang diikuti seluruh Kotama TNI AL di seluruh Indonesia.

Adapun 9 personel Kolinlamil itu dinyatakan pensiun sesuai dengan keputusan KSAL periode Agustus – September 2021.

Upacara Wisuda Purna Bhakti adalah tradisi pelepasan bagi prajurit yang memasuki masa pensiun. Wisuda Purna Bakti merupakan bentuk penghargaan dan hormat dari pemimpin TNI AL kepada personel baik dari militer maupun PNS yang telah berhasil melewati pengabdian panjang dengan penuh pengorbanan dan dedikasi bangsa dan negara.

Tidak hanya sebagai simbolisasi formal, namun upacara tradisi Wisuda Purna Bhakti hari ini memiliki makna yang penting, mengandung nilai-nilai yang menggambarkan peristiwa di akhirinya perjalanan panjang pengabdian para wisudawan serta simbol pewarisan nilai-nilai luhur kepemimpinan dari generasi yang telah memasuki masa purnabakti kepada generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan dan pengabdian pada TNI AL, bangsa dan negara.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima Kolinlamil menyerahkan tali asih dari Kasal kepada prajurit dan PNS yang purna bhakti. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s