Anggota DPR RI Komisi V Melakukan Kunjungan Ke KUUP Kelas II Tanjung Redeb

Mimbarmaritim.com – Tanjung Redeb

Anggota DPR RI Komisi V, DR. H Irwan S.IP. M.P. yang sedang menjalani masa reses melakukan kunjungan sekaligus peninjauan atas kegiatan yang berlangsung di Pelabuhan Tanjung Redep dan Pelabuhan Mantaritip, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur,Jum’at (22/10/2021).

Dalam kunjungan anggota dewan dari Partai Demokrat itu didampingi Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II, Hotman Siagian beserta jajarannya untuk melakukan peninjauan langsung proses kegiatan di dermaga Pelabuhan Tanjung Redeb terkait bongkar muat barang dari dan ke kapal dan lahan penumpukan kontener.

Pada kesempatan tersebut anggota DPR RI Komisi V beserta rombongan melanjutkan peninjauan dengan menggunakan kapal tradisional menuju Pelabuhan Mantaritip.

Dalam kunjungannya itu, DR. Irwan dalam arahannya menyampaikan agar sebelum melakukan kegiatan pengembangan pelabuhan tersebut sebaiknya terlebih dahulu supaya menyusun Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Menurut dia, terkait dengan kondisi Pelabuhan Mantaritip diharapkan agar segera difungsikan, jika jalan akses masuk ke pelabuhan sudah rampung dan dapat digunakan.

Untuk itu, kata Dr. Irwan diharapkan adanya dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk penyelesaian akses jalan ke lokasi pelabuhan. Pemerintah pusat dan daerah bisa berkolaborasi untuk mendukung penyelesaian akses jalan tersebut

Selain itu, lanjut Dr.Irwan agar pemerintah hendaknya melakukan kajian teknis untuk mengetahui ukuran kapal yang sandar di Pelabuhan Mantaritip. Sehingga dapat menopang Pelabuhan Tanjung Redep agar lebih berkembang dan meningkat lagi kinerjanya.

” Jika fasilitas pelabuhan semakin meningkat, tentu akan semakin banyak kunjungan kapal. Hal ini dapat mendukung pertumbuhan perekonomian daerah ini dan PNBP dari pengelolaan pelabuhan bertambah,” tutup DR. Irwan.

Sementara itu, Kepala KUPP Kelas II Hotman Siagian menyampaikan apresiasinya kepada Anggota DPR RI Dr. Irwan atas kesempatannya dapat berkunjung dan meninjau langsung kegiatan di Pelabuhan Tanjung Redep dan Mantaritip.

Menurut, Hotman Siagian bahwa saat ini kegiatan logistik di Pelabuhan Tanjung Redep mengalami peningkatan, kondisi pelabuhan berlangsung aman dan lancar

Selain itu, Hotman Siagian menambahkan jika Pelabuhan Mantaritip sudah berjalan atau beroperasi, kedepan diharapkan akan dapat meningkatkan PNBP. ” Karena saat ini RIP pelabuhan sedang dalam proses penyusunan dan diharapkan segera selesai,”tukasnya. (Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s