Kolinlamil Sebagai Pembina Tunggal Anglamil, Dukung Rotasi Purna Tugas Yon Arhanud 16

Mimbarmaritim.com – Makassar

Satya Wira Jala Dharma. Salah satu unsur KRI Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang mendukung Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI – Malaysia, Kalimantan Utara (Kaltara), KRI Teluk Lampung 540. tiba di Dermaga Fasharkan, Makassar, beberapa waktu yang lalu.

Kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST) ini debarkasi batalion artileri pertahanan udara 16 Sula Bhuana Cakti. Para prajurit pun langsung tetap melakukan prosedur protokol kesehatan Covid – 19 dengan pemeriksaan suhu, disemprot disinfektan dan swab antigen.
Dalam debarkasi tersebut, KRI Teluk Lampung 540 menurunkan personel dan material satgas lainnya.

Sebelumnya KRI Teluk Lampung 540 mendukung rotasi tugas Batalion Artileri Medan 18 Komposit yang melanjutkan tugas pengamanan perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kabupaten Malinau.

446 orang prajurit Yonarhanud 16 ini melaksanakan debarkasi dan mengantri untuk dicek suhu badannya serta penyemprotan disinfektan sesuai protokol kesehatan Covid- 19.

Komandan KRI Teluk Lampung 540 Letkol Laut (P) Sulthon Maula Firdaus mengatakan, kapal perangnya yang mengangkut prajurit Yonarhanud 16 kembali untuk menuju markasnya di Maros setelah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan selama 10 bulan di perbatasan Kalimantan Utara.

“KRI Teluk Lampung 540 saat ini debarkasi personel dan material Yonarhanud 16. Dan proses ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kita tidak boleh lengah dengan situasi ini,” ujar Komandan KRI Teluk Lampung 540 Saat mengawasi proses debarkasi.

Dijelaskannya, KRI Teluk Lampung 540 bertolak dari Dermaga Tarakan, minggu lalu menuju Makassare. Kapal perang jenis Landing Ship Tank yang berada dibawah kendali Satlinlamil 2 Surabaya ini lintas laut Tarakan – Makassar selama 3 hari perjalanan.

“Sesuai perintah Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma agar selama melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer untuk tetap meningkatkan profesionalitas sebagai Prajurit matra laut,” jelas Sulthon sapaan akrab Komandan KRI Teluk Lampung 540.

Sementara Panglima Kolinlamil mengatakan sebagai Prajurit matra laut yang selalu siap bertugas dalam operasi angkutan laut militer dan tetap melatih diri untuk tetap profesional.


“Untuk itu, agar selalu tanggap dan waspada dengan situasi yang sedang berkembang terutama ditengah mewabahnya Covid-19, untuk tetap waspada bertugas melaksanakan sesuai protokol kesehatan,” tambah Panglima Kolinlamil.(MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s