KSOP Kelas III Sunda Kelapa Bersama Instasi Terkait Kembali Menggelar Vaksinasi Tahap Kedua 

Mimbarmaritim.com – Sunda Kelapa

Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sunda Kelapa kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi dosis kedua di pelabuhan Sunda Kelapa – Jakarta Utara, sejak hari ini Selasa 7 September sampai 9 September 2021.

Tahapan vaksinasi dosis kedua ini KSOP Kelas III Sunda Kelapa bekerja sama dengan  IPC/PT Pelindo II ( Persero) Cabang Sunda Kelapa, Kantor Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Polsek Kawasan Sunda Kelapa dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Sunda Kelapa. 

Dalam acara ini, kegiatan vaksinasi dosis kedua (tahap kedua) dimonitor langsung oleh Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa Capt Roni Fahmi dan General Manager (GM) IPC Cabang Sunda Kelapa Kurnia Jaya. 

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Capt Roni Fahmi melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, mengatakan bahwa sesuai rencana vaksinasi dosis kedua ini, pihaknya akan tetap akan menyasar masyarakat Maritim.

Menurutnya, vaksinasi tahap kedua (dosis kedua) adalah untuk masyarakat yang tinggal di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa, para pekerja di kapal (ABK) dan para pekerja di pelabuhan (pegawai PBM, Sopir dan TKBM). Karena vaksinasi massal dosis pertama terhadap masyarakat Maritim telah dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 12 Juni 2021.

“Kami melakukan kegiatan vaksinasi dosis kedua ini dimulai dari Pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB,” ungkap Capt Roni.

Capt Roni mengungkapkan bahwa semua pekerja yang bekerja di pelabuhan Sunda Kelapa wajib dilakukan vaksinasi dosis kedua sesuai dengan Surat Edaran yang dikeluarkan Kepala KSOP Kelas III Sunda kelapa .

“Kegiatan vaksinasi dosis kedua di lingkungan pelabuhan Sunda Kelapa ini, digelar pada jalan di pintu 1 dan sebagian lagi memakai halaman parkir IPC Cabang Sunda Kelapa. Untuk menghindari terjadinya kepadatan dan kemacetan terhadap kegiatan bongkar muat barang dari dan ke kapal di pelabuhan,”sebutnya.

Capt Roni Fahmi menambahkan vaksinasi ini penting untuk membentuk Herd Immunity agar masyarakat Maritim lebih produktif dalam menjalan aktivitas sehari-hari. Dalam rangka membantu program pemerintah untuk mengurangi transmisi (penularan) Covid-19, dan menurunkan angka kesakitan dan kematian.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, kami  tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Dengan menerapkan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjauhi kerumunan. Kegiatan vaksinasi ini juga merupakan serangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Perhubungan Nasional,”pungkas Capt Roni.

Sementara, General Manager IPC Cabang Sunda Kelapa Kurnia Jaya mengungkapkan pelaksanaan kegiatan vaksinasi tahap kedua (dosis kedua) di pelabuhan Sunda Kelapa saat ini lagi dilaksanakan di halaman Kantor IPC Cabang Sunda Kelapa, dan kegiatan merupakan tindak lanjut dari vaksinasi tahap pertama saat kehadiran Bapak Presiden RI Joko Widodo tiga bulan yang lalu.

“Vaksinasi ini diselenggarakan bersama-sama dengan KSOP Kelas III Sunda Kelapa, Polsek Sunda Kelapa, IPC Cabang Sunda Kelapa, KKP Sunda Kelapa, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara ( Puskesmas setempat),” ujarnya.

Kurnia menyebutkan vaksinasi kali ini menyediakan 500 dosis vaksin per hari, untuk penyelenggaraan vaksinasi selama 3 hari, yang akan diharapkan mencapai 1.500 orang. Namun melihat kondisi dilapangan saat ini bisa jadi berkurang, karena kemungkinan masyarakat sudah banyak yang mendapat vaksin ditempat lain.

“Pada pukul 10.00 WIB tadi, saat kami melakukan cross cek ke lapangan pelaksanaan vaksinasi sudah mencapai 250 orang yang tervaksin. Memang sangat berbeda dengan pelaksanaan vaksinisasi sebelumnya, karena untuk vaksin kedua ini, masyarakat kemungkinan sudah memperoleh vaksin ditempat lain,” tutur Kurnia.

Menurutnya, untuk besok Rabu (8/9/2021)  pihak pelaksana vaksin kemungkinan juga akan menyiapkan vaksin dosis pertama, karena dilapangan masih ditemukan masyarakat belum mendapat vaksin pertama dan sudah di registrasi.

Intinya kata Kurnia, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua (dosis kedua) ini, kami selalu koordinasi dengan KSOP Kelas III Sunda Kelapa, Polsek Sunda Kelapa, IPC Cabang Sunda Kelapa, KKP Sunda Kelapa, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara dan Puskesmas setempat.

Kurnia menambahkan dengan dilaksanakannya vaksinasi tahap kedua ini, diharapkan masyarakat Maritim Sunda Kelapa dan sekitarnya terhindar dari penularan virus Covid-19, agar para pekerja dalam melakukan aktivitas sehari-hari dapat berjalan normal seperti sediakala. 

“Kami tetap berkomitmen dan mendukung program pemerintah secara nasional dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19, melalui pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat di lingkungan masyarakat Maritim pelabuhan Sunda Kelapa,”pungkas Kurnia.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s