Manajemen IPC Cabang Tanjung Priok Terus Berbenah Menata Pelabuhan Tanjung Priok

Mimbarmaritim.com – Tanjung Priok

Kondisi pamdemi Covid-19 saat ini sudah memasuki tahun kedua namun kegiatan – kegiatan yang ada di IPC/PT Pelabuhan Indonesia II ( Persero) Cabang Tanjung Priok masih terus berjalan normal dan manajemen IPC Cabang Tanjung Priok tetap berkomitmen untuk memberikan kontribusi pada negara. Tentu bagaimana cara menjaga jalur logistik agar tetap stabil dan dapat berjalan dengan baik.

Sudah barang tentu kerjasama ini berjalan bukan hanya dari manajemen IPC Cabang Tanjung Priok saja, akan tetapi dukungan dari pihak yang berkepentingan di pelabuhan dan seluruh stakeholder yang ada di Tanjung Priok.

“Disamping itu, rekan – rekan pers juga memberikan masukan – masukan terkait progres dan informasi tentang pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok,” demikian disampaikan General Manager Guna Mulyana dalam acara konferensi pers dengan awak media, di Tanjung Priok, Kamis (2/9/2021).

Guna Mulyana menjelaskan kondisi pelabuhan Tanjung Priok secara umum manajemen IPC Cabang Tanjung Priok tetap melakukan kegiatan dan operasional walaupun saat ini masih masa pamdemi dan selama pemerintah berlakukan PPKM.

“Pelabuhan Tanjung Priok sampai periode September tahun 2021, masih tetap konsisten dan komitmen untuk melakukan pelayanan dan tidak ada yang berubah, bahkan kita tetap berusaha dengan kondisi pamdemi seperti sekarang tetap melakukan penataan dan perbaikan – perbaikan baik itu infrastruktur) maupun non infrastruktur,”katanya.

Lebih jauh, Guna Mulyana menyebutkan bahwa Pelabuhan Cabang Tanjung Priok merupakan bagian dari IPC, namun per 1 Oktober 2021 menjadi satu nama Pelabuhan dari Sabang sampai Merauke.

“IPC Cabang Tanjung Priok selama ini terus berupaya meningkatkan kinerja perusahaan dan berusaha terus menyelesaikan berbagai permasalahan diantaranya kemacetan, kebersihan dan pengadaan SDM pemanduan kapal,”ujarnya.

Menurutnya, saat ini yang menjadi perhatian dan merupakan PR dari IPC Cabang Tanjung Priok terkait penerapan single TID ( Truck Indentity Document) di wilayah pelabuhan Tanjung Priok. Hal ini, salah satu upaya untuk menekan dan mengatasi tingkat kemacetan lalu lintas angkutan barang di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Seogianya TID akan direalisasikan pada bulan Mei 2021 lalu, karena masih dalam proses berjalan dan rekomendasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut baru keluar akhir bulan Agustus 2021. Maka direncakanan akan lauching pada akhir bulan September 2021,” sebutnya.

Ia menuturkan terkait penataan di pelabuhan Tanjung Priok, pihaknya akan menata dan memaksimalkan areal pelabuhan seperti dermaga Kalijapat, dermaga Arsa dan dermaga Paliat. Seluruh kapal – kapal antar jemput crew kapal ditata dan rencananya akan dipindahkan ke dermaga Kalijapat.

Sementara, untuk arus kunjungan kapal dan kegiatan bongkat muat melalui Pelabuhan Tanjung Priok mengalami pertumbuhan. Untuk kunjungan kapal tercatat 11.376 unit dan 138,76 juta GT, sedangkan arus petikemas mencapai 6.21 juta TEUs setara dengan 19,69 juta ton.

“Pelabuhan terbesar di Indonesia ini telah bertranspormasi dalam layanan jasa kepelabuhanan yakni jasa tambat, pandu, kepil kapal, bongkar muat, pas pelabuhan jasa pemeliharaan bangunan, pelayanan air, terminal penumpang dan pengelolaan tanah mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Pelabuhan Tanjung Priok bersinergi dengan anak perusahaan IPC TPK, IKT, NPTC 1, JPPI, JAI, JICT, TPK Koja dan anak perusahaan lainnya,”pungkas Guna.

Konferensi pers yang bertema”Lebih Dekat Dengan IPC Tanjung Priok” dilaksanakan secara offline terbatas dan online dihadiri beberapa wartawan dari beberapa media. Dengan tetap mematuhi menerapkan aturan protokol kesehatan Covid-19.

Hadir dalam acara konferensi pers yang digelar di Lantai.9 Gedung IPC Cabang Tanjung Priok mendampingi General Manager (GM) IPC Cabang Tanjung Priok Guna Mulyana diantaranya. Deputy General Manager (DGM) Komersial Dimas Rizky Kusmayadi DGM Fasilitas dan Utilitas Djoko Santoso, DGM Keuangan & SDM Suyatno, DGM Kepatuhan Bisnis Aryo Kuncoro, DGM Operasi Teddy Gunawan serta jajaran Humas IPC Cabang Tanjung Priok.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s