Simpul Transportasi Laut Sasaran Serbuan Vaksin Maritim TNI AL

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Simpul transportasi laut menjadi sasaran lanjutan Satgas covid 19 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL dalam mendukung Pemerintah mengupayakan terwujudnya (herd immunity) dimasyarakat.

Setelah sebelumnya ABK kapal penumpang, hari ini (30/8/2021) Satgas Covid 19 Kolinlamil TNI AL melakukan serbuan vaksin maritim kepada ABK kapal cargo Meratus Medan yang kebetulan sedang sandar tidak melakukan aktifitas niaga.

Tim vaksinator dipimpin dr Yudith bersama 5 orang tenaga kesehatan menaiki kapal cargo yang tampak tidak sibuk dengan aktifitas bongkar muat.

Sesuai dengan prosedur, pola edukasi yang dikedepankan kepada para ABK untuk mengajak mereka mendukung program vaksinasi ini cukup membuat respon positif dan antusias dari mereka.

“Sangat kebetulan, kedatangan satgas Covid 19 Kolinlamil TNI AL membantu kami ABK kapal yang belum divaksin menjadi terbantu. Kami kebetulan sandar namun untuk menuju mencari gerai vaksin tidak sempat. Dengan program serbuan vaksin ini kami sangat senang dan terbantu,” ucap ferdyan (35) ABK kapal cargo Meratus Medan yang langsung minta divaksin.

Mereka sangat mendukung dengan program serbuan vaksinasi Covid-19 maritim TNI AL ini, dengan pola seperti jemput bola ini tentu akan mempercepat jangkauan vaksinasi untuk masyarakat dimanapun berada dan ini akan mencapai target maksimal sehingga masyarakat bisa kembali beraktifitas normal.

Panglima Kolinlamil mengatakan bahwa kegiatan serbuan vaksin Covid-19 sasaran ABK dipelabuhan yang diselenggarakan ini merupakan wujud komitmen antara TNI AL, Pelni dan Pellindo dalam meningkatkan target vaksinasi nasional, yang dilakukan melalui simpul transportasi.

“Sesuai instruksi Presiden, Panglima TNI dan Kasal, kita melakukan intensifikasi vaksin. Dan ini juga sesuai instruksi Kasal bahwa sasaran serbuan vaksin untuk masyarakat yang belum terjangkau vaksin. Dan banyak dikawasan pelabuhan maupun pesisir, masyarakat yang belum terjangkau vaksinasi” tutur Panglima Kolinlamil.

Menurutnya, wilayah simpul transportasi khususnya pelabuhan laut menjadi perhatian penting dalam pelaksanaan vaksinasi mengingat menjadi lokasi perlintasan masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kegiatan Serbuan Vaksin Covid 19 Kolinlamil TNI AL dilaksanakan dengan cara Ship to ship mendatangi dari kapal ke kapal yang sedang Lego Jangkar menggunakan KAL atau pun Perahu Karet. Untuk mendukung vaksinasi khususnya melayani seluruh ABK Kapal tidak bisa datang ke dermaga karena alasan operasional atau sedang lego jangkar.

Bagi ABK kapal yang akan divaksin, mereka harus memenuhi beberapa persyaratan seperti, berumur minimal 18 tahun dan diwajibkan membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Tidak hanya itu, mereka juga harus melewati protokol kesehatan seperti pengecekan suhu badan serta pengecekan tekanan darah. (MM-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s