Serbuan Vaksin Maritim TNI-AL, Kolinlamil Buka Di Mako Satlinlamil 2 Surabaya Untuk Masyarakat

Mimbarmaritim.com – Jakarta

Satya Wira Jala Dharma. Salah satu satuan pelaksana Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang bermarkas di Kota Surabaya gencar melakukan serbuan vaksinasi dosis kedua. Vaksinasi ini menyasar semua lapisan masyarakat.

“Percepatan vaksinasi dosis kedua ini sebagai bentuk totalitas untuk membantu pemerintah melawan Covid-19 dengan pencapaian target herd immunity rakyat Indonesia. TNI Angkatan Laut gencar melaksanakan serbuan vaksinasi bagi semua lapisan masyarakat. Dan Tidak hanya masyarakat Maritim namun untuk masyarakat yang belum terjangkau vaksin,” demikian disampaikan Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Arsyad Abdullah kepada awak media di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (6/8/2021).

Untik serbuan vaksinasi kali ini, Satlinlamil 2 Surabaya membuka kesempatan kepada warga masyarakat yang siap untuk vaksin kedua kalinya. Kegiatan yang dimulai pada mulai pukul 08.00 Wib ini, Satlinlamil 2 Surabaya menyiapkan 500 dosis vaksin Sinovac tahap kedua dan berhasil tervaksin 350.

Dalam vaksinasi dosis kedua ini melibatkan tenaga kesehatan dari Balai Pengobatan (BP) Satlinlamil 2 Surabaya sebanyak 9 orang vaksinator.

Komandan Satlinlamil 2 Surabaya Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin meninjau langsung di lapangan kegiatan serbuan vaksinasi.

Ia berharap dengan dimulainya vaksinasi massal dosis kedua terhadap seluruh lapisan masyarakat di Surabaya, maka dapat segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Herd immunity ini sebagai bagian dari perlindungan tidak langsung dari paparan virus Covid-19. Karenanya Satlinlamil 2 Surabaya dalam pekan ini telah menjadwalkan vaksinasi dosis kedua di sejumlah lokasi di wilayah Surabaya dan Sidoarjo,” jelas Komandan Satlinlamil 2 Surabaya.

Mengutip informasi, untuk pencapaian herd immunity Pemprov Jatim menargetkan sebesar 70 persen pada bulan Agustus, dijadwalkan dalam pekan ini Satlinlamil 2 Surabaya Kolinlamil akan menggelar serbuan vaksinasi di sejumlah lokasi.

Waktunya berbeda, vaksinnya sama yakni Sinovac dosis kedua. Namun pihaknya juga tetap siapkan yang dosis pertama apabila ada masyarakat yang belum vaksin sama sekali ikut mendaftar.

Lebih lanjut, Panglima Kolinlamil mengatakan jika pemberian vaksin dosis kedua sudah mulai, maka dilaksanakan juga oleh jajaran TNI AL diseluruh Indonesia.

“Selama ini Kolinlamil sudah melaksanakan serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim yang berada di pesisir, kawasan pelabuhan dan pulau-pulau dengan melibatkan kapal perang, seperti yang dilaksanakan dua pekan lalu di Kepulauan Seribu,” ujarnya.

Panglima Kolinlamil menegaskan bahwa gencarnya serbuan vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL tanpa terkecuali.

“Yang diperbuat TNI AL ini mengedepankan totalitas dalam membantu pemerintah pusat dan daerah menangani percepatan penanganan Covid-19. Selain itu, untuk pencapaian target satu juta vaksin perhari” pungkasnya .(Red-MM).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s