KORPORASI

Pelabuhan Pulai Baii Bengkulu, Ramai Disandari Kapal Bobot Besar Tujuan Ekspor

Mimbarmaritim.com – Bengkulu

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Bengkulu saat ini menunjukkan perkembangan cukup signifikan atas kunjungan kapal – kapal bobot besar tujuan ekspor berbagai komoditas dari Provinsi Bengkulu.

Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu kali ini  kembali mendapat giliran disandari Kapal MV Josco Suzhou. Sebelumnya pelabuhan tersebut telah disandari kapal MV Hosei Pearl dan MV Perlas
Kedatangan kapal-kapal besar di pelabuhan Pulau Baai Bengkulu saat ini karena  kedalaman alur pelayarannya sudah terpelihara dan terjaga serta aman untuk keselamatan pelayaran.

Adapun Kapal MV Josco Suzhou asal negara Hongkong yang berbobot 49.416 Dead Weight Tonage (DWT) dan panjang 188 meter ini telah bersandar di dermaga Pulai Baii sejak (15/7/2021) kemarin.

Kapal ini direncanakan akan memuat kargo curah kering (batubara ) yang akan di ekspor ke China yang perkiraan total muatannya sebesar 38.000 Ton.

Deputi General Manager ( DGM) Komersial PT Pelindo II Cabang Bengkulu, Cecep Taswandi mengatakan dengan bersandarnya kapal-kapal besar di dermaga pelabuhan Pulau Baai Bengkulu ini, karena telah dipastikan kedalaman pintu alur pelabuhan Pulau Baai tidak mengalami pendangkalan lagi dan sudah aman untuk keselamatan pelayaran. 

“Masalah pendangkalan alur sebelumnya, telah teratasi, karena pemeliharaan alur Pulau Baii telah dilakukan pengerukan. Dengan adanya kapal pengerukan tersebut, kedalaman alur pelabuhan Pulau Baii akan selalu terjaga pada kedalaman -10 Meter LWS ( Low Water Spring ),” demikian disampaikan Cecep Taswandi kepada Mimbar Maritim, hari ini Selasa (20/7/2021)

 Menurutnya, alur pelabuhan Pulau Baai sampai beberapa tahun kedepan akan aman dari pendangkalan. Karena IPC Cabang Bengkulu telah melakukan kontrak pengerukan alur dengan sistem kedalaman.

Cecep mengatakan dengan kondisi alur pelayaran Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu sudah terjaga, tentu akan siap diramaikan  kapal-kapal besar yang akan melakukan pengiriman komoditas utama dari di Provinsi Bengkulu. Komoditas andalan dari Bengkulu untuk saat ini adalah batu bara yang di ekspor ke beberapa negara di Asia dan Eropa. 

Selain itu, kata Cecep bahwa IPC Cabang Bengkulu terus melakukan peningkatan pelayanan dan fasilitas yang mendukung aktivitas bongkar-muat barang di pelabuhan, karena hal tersebut akan sebanding dengan peningkatan arus komoditas utama dari Provinsi Bengkulu. 

“Kelancaran aktivitas bongkar muat di pelabuhan Bengkulu pada akhirnya akan berdampak dan membantu kelancaran distribusi barang serta akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi di wilayah provinsi Bengkulu dan sekitarnya,” pungkas Cecep.(MM-01).

Kategori:KORPORASI, MARITIM, PELABUHAN, PELAYARAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s