MARITIM

KUUP Kelas II Tual Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal, Sasar Masyarakat Maritim Dan Pelaut

Mimbar maritim.com – Tual

Selain penerapan protokol kesehatan, salah satu upaya Pemerintah untuk menanggulangi dan memerangi wabah virus Covid-19 yaitu dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Dalam rangka membentuk kekebalan tubuh untuk mengenali dan melawan virus penyebab Covid-19 serta memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19. Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut bersama stakeholder terkait menggelar pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Tual. Pelaksanaan vaksinasi ini menargetkan seluruh masyarakat Kota Tual.

“Kami bersama seluruh stakeholder yang terlibat berkomitmen untuk mensukseskan program Pemerintah menuju sejuta vaksin sehari,” ujar Plt. Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual Jonas Lermatan melalui keterangannya usai pelaksanaan program vaksin di pelabuhan Tual Maluku, Kamis (8/7/2021)

Agar pelaksanaan vaksin dapat berjalan dengan tertib dan aman, Jonas pada kesempatan itu juga menghimbau kepada warga yang hadir di area pelabuhan untuk tetap tertib mengingat kapasitas ruang tunggu pelabuhan tidak terlalu besar.

“Kami juga mengerahkan seluruh pegawai kantor UPP Kelas II Tual dibantu Polres Kota Tual untuk membantu mengingatkan para peserta vaksin agar terus menaati protokol kesehatan dengan ketat saat pelaksanaan vaksin berlangsung,” katanya.

Pelaksanaan vaksin Covid-19 ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergitas antara kantor UPP Kelas II Tual dengan Dinas Kesehatan Kota Tual, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kota Tual, Polres Tual dan Kodim Tual serta jajaran tim medis Dinas Kesehatan Pemkot Tual.

Sebagai informasi, jumlah peserta vaksin di Pelabuhan Tual yang hadir berjumlah 797 orang, yang berhasil divaksin sebanyak 750 orang, ditunda sebanyak 42 orang, dan tidak diberikan dengan alasan khusus sebanyak 5 orang.

Adapun yang hadir dalam pelaksanaan vaksin Covid-19 ini antara lain Komandan Lanal Kota Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Drg. Maxir M.B Tinggogoy.

Pada kesempatan lain, pelaksanaan vaksinasi covid-19 juga dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. Pelaksanaan vaksinasi massal pertama gelombang II ini dilaksanakan pada tanggal 7 sampai dengan 14 Juli 2021 bertempat di Terminal Penumpang Nusantara Pura.

Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan yang dibentuk antara Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok Andi Hartono, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Capt Wisnu Handoko, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, General Manager Pelindo II Cabang Tanjung Priok Guna Mulyana yang telah bersepakat untuk dibuat gerakan Pelabuhan Tanjung Priok Bervaksin.

Adapun tujuan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pelabuhan Tanjung Priok mewajibkan semua pihak yang masuk pelabuhan, termasuk para pelaut wajib vaksin minimal tahap pertama.(MM-01).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s