KORPORASI

Pelindo I Salurkan Dana TJSL Hingga Mei 2021 Sebesar Rp.5,31 Miliar

Mimbarmaritim.com – Medan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)/Pelindo I berkomitmen penuh, untuk mendukung peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dengan mengimplementasikan dan mengembangkan tanggung jawab sosial perusahaan melalui penyaluran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni d/h Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. 

“Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya yang sedang kesulitan atau terdampak  pandemi Covid-19, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional,”demikian disampaikan SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo I Basuki Soleh melalui keterangan tertulisnya diterima Mimbar Maritim, Jumat (25/6/2021).

Basuki menyebutkan hingga bulan Mei 2021, Pelindo I berhasil menyalurkan total dana TJSL sebesar Rp.5,31,- miliar. Dana Program TJSL sudah termasuk didalamnya Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil (UMK) (d/h Program Kemitraan) sebesar Rp.3,31,- miliar dan (d/h Program Bina Lingkungan) sebesar Rp.2,- miliar.

Menurut Basuki, Dana Program Pendanaan UMK diharapkan dapat menjadi stimulus bagi usaha mikro kecil agar bisa  mengembangkan usahanya, khususnya yang selama ini terdampak  pandemi Covid-19.

“Kami berharap dana ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar di wilayah kerja Pelindo I,”ujarnya.

Basuki menambahkan program pendanaan UMK memiliki fokus dalam aspek pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat dan disalurkan dalam berbagai bentuk diantaranya pemberian modal kerja, pinjaman dan/atau pembiayaan syariah. Dana UMK untuk beberapa sektor seperti industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa.

Sementara VP PKBL Pelindo I Fatimah Zuhra mengatakan dalam pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Pelindo I tidak hanya memberikan pinjaman dana semata. Namun TJSL ini digunakan sebahagian melalui pembinaan berupa pelatihan, pemasaran dan pembinaan lainnya. Untuk mengoptimalkan kompetensi mitra binaan Pelindo I dalam menekuni bidang usahanya masing – masing.

“Selain itu, Pelindo I  juga turut mengadakan pelatihan kepada UMK, tentang marketing digital untuk memperluas pangsa pasar secara online. Dengan harapannya, program ini bisa membantu mengembangkan industri rumahan,” ujar Fatimah.

Fatimah menjelaskan bahwa Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ini adalah kegiatan yang merupakan komitmen perseroan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan, hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, dampaknya terukur dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan. 

“Penyaluran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ini telah dilaksanakan di empat propinsi yang merupakan lingkup area operasional Pelindo I  yaitu daerah Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau melalui cabang-cabang Pelindo I di daerah tersebut,”tutupnya.

Terkait Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan hingga Mei 2021, Pelindo I telah menyalurkan dana untuk program-program unggulan seperti bantuan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan, bantuan penanganan Covid-19 RSDC Wisma Atlet dan Nakes RSDC Simprug, bantuan bencana alam di NTT dan Magelang, bantuan sembako untuk ibu hamil dan balita terdampak HIV AIDS di kota Medan, bantuan pembangunan sarana ibadah dan sarana pendidikan lainnya.(MM-01).

Kategori:KORPORASI, MARITIM, PELABUHAN

Tagged as:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s